Cara Mendarat yang Benar pada Lompat Jauh

Bagaimana cara mendarat dalam Lompat Jauh yang baik dan benar ? Yuk ketahui tekniknya.

Editor: Jimmi Abraham
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Atlet lompat jauh putra Hongkong China Chan Ming Tai mendarat di pasir pada final lompat jauh putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bagaimana cara mendarat dalam Lompat Jauh yang baik dan benar ? Yuk ketahui tekniknya.

Perlu diketahui, rangkaian gerakan lompat jauh terbagi menjadi empat bagian yaitu awalan, tolakan, sikap melayang, dan diakhiri dengan tahapan mendarat.

Masing-masing tahapan gerakan lompat jauh memiliki pengaruh terhadap capaian seorang pelompat ketika mendapat giliran di lintasan.

Adapun, gerakan pada tahapan mendarat menjadi penentu titik jatuh seorang pelompat, sehingga juri nomor lompat jauh dapat memberikan penilaian atau pengukuran.

Tahapan mendarat seorang pelompat dilakukan menuju area permukaan pasir, dengan ukuran bak lompatan jarak jauh berjarak 7 hingga 9 meter dan lebar 2,75 meter berdasarkan standar Badan Atletik Dunia.

Untuk dapat mendarat serta memperoleh catatan jarak sejauh mungkin dalam melakukan lompatan, seorang pelompat harus melakukan teknik mendarat dengan baik dan benar.

Seperti dilansir dari laman BrianMac Sports Coach, faktor utama dalam teknik mendarat dalam lompat jauh, adalah keseimbangan tubuh pelompat ketika menapak di titik mendarat dalam area bak pasir.

Cara Verifikasi Nilai Rapor oleh Siswa 2022 di ppdb.jatimprov.go.id Login PPDB Jatim 2022

Berikut adalah cara mendarat yang benar dalam lompat jauh:

Sikap saat mendarat yang baik

Cara pendaratan yang aman dalam lompat jauh sebaiknya menggunakan tumit atau kaki tumpuan yang sejajar sekaligus, sejauh mungkin dari titik tolakan.

Pendaratan yang dipergunakan ketika melakukan lompat jauh adalah kedua kaki berada pada posisi lurus, kemudian mendorong tumit dan telapak kaki ke depan hingga pinggul terangkat.

Teknik tersebut akan membuat tubuh condong ke depan seiring laju pelompat, yang dapat dilakukan ketika sudah berada di area bak pasir.

Atlet lompat jauh putra Hongkong China Chan Ming Tai mendarat di pasir pada final lompat jauh putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2018).
Atlet lompat jauh putra Hongkong China Chan Ming Tai mendarat di pasir pada final lompat jauh putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2018). (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Posisi tubuh condong ke depan lebih disarankan saat mendarat, dibandingkan jika seorang pelompat terjatuh dengan posisi tubuh ke arah belakang dari laju lompatan.

Sebab, terdapat risiko posisi titik jatuh badan di belakang posisi pendaratan kaki atau tumit bisa membuat seorang pelompat mencatatkan jarak lompatan lebih pendek dibandingkan seharusnya.

Apa Itu Super Soldier Serum ? Kenapa Super Soldier Sangat Mengerikan di Marvel ?

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved