Live Streaming CCTV Arus Mudik Lebaran 2022

Untuk memantau kemacetan lalu lintas, Anda bisa memanfaatkan laman yang menyediakan layanan live streaming dari tangkapan kamera CCTV yang terpasang

Editor: Jimmi Abraham
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Antrean kendaraan pemudik terjadi di gerbang pintu keluar Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 14 Juli 2015 pada tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Antrean kendaraan ini mengakibatkan kemacetan sepanjang 2 kilometer. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Menhub atau Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi bahwa puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada 6-8 Mei 2022.

Data tersebut diperoleh dari laporan Survei Potensi Pergerakan Orang Lebaran 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pasalnya, sejumlah aktivitas perkantoran akan kembali normal pada Senin (9/5/2022).

Selain itu, penetapan cuti bersama oleh pemerintah juga berakhir pada Jumat (6/5/2022).

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada masyarakat yang cutinya bisa diperpanjang untuk menghindari perjalanan balik pada tanggal tersebut sebagai upaya pencegahan kepadatan kendaraan.

Selain itu, Budi juga menyampaikan agar pemudik memperhatikan dua titik utama kemacetan selama puncak arus balik.

Kedua titik kemacetan itu diperkirakan akan terjadi di tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

(Update berita seputar Idul Fitri 2022 disini)

"Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak," ujar Budi, dikutip dari laman Kemenhub (4/5/2022).

Untuk memantau kemacetan lalu lintas, Anda bisa memanfaatkan laman yang menyediakan layanan live streaming dari tangkapan kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik atau rute.

Dengan layanan tersebut, pengendara dapat melihat kondisi lalu lintas terkini secara online lewat layar ponsel. Setelah mengetahui kondisi lalu lintas terkini, nantinya pengendara dapat menentukan rute lain yang mungkin lebih lancar.

Untuk lebih lengkapnya, berikut link CCTV yang dapat diakses secara online untuk memantau kemacetan lalu lintas:

1. Link CCTV RTTMC Kemenhub

Laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub memiliki layanan live streaming kondisi lalu lintas, yang bersumber dari kamera CCTV di beberapa ruas jalan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved