Breaking News:

Libur Lebaran, Pengunjung TWA Gunung Kelam di Sintang Capai 400 Orang per Hari

Berkunjung ke Bukit Kelam, wisatawan dapat menikmati suasana yang sejuk dan segar sekaligus melihat pemandangan hutan tropis di sekitar.

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/BKSDA
Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Kelam menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan Barat, untuk menghabiskan sisa masa liburan panjang Idulfitri. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Kelam menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan Barat, untuk menghabiskan sisa masa liburan panjang Idul Fitri.

Kemegahan batu tunggal terbesar di dunia yang ada di Kecamatan Kelam Permai, Sintang, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Seksi Wilayah II Sintang, mencatat peningkatan jumlah kunjungan pada libur lebaran tahun ini sebelum tahun sebelumnya.

"Rata-rata 400 orang pengunjung perhari," kata Kepala BKSDA SKW II Sintang, Bharata Sibarani, Kamis 5 Mei 2022.

Ketua MABM Sintang Sarankan Pemkab Sintang Buat Prasasti di Makam Djoebair Irawan

Angka kunjungan wisatawan ke TWA Gunung Kelam tersebut, di luar jumlah pengunjung yang mendaki tangga Via Ferrata. Selama libur lebaran, tim BKSDA disiagakan di pintu masuk kawasan.

"Kami sadar sebagai pengelola TWA Gunung Kelam masih banyak kekurangan. tetapi kami yakin dengan semangat yang tinggi kekompakan tim, kita dapat menjaga alam tetap lestari dan masyarakat sejahtera," ujar Bharata.

Gunung Kelam ini merupakan sebuah batu monolit gelap yang saat ini dianggap sebagai formasi batu monolit (tunggal) terbesar dan tertinggi di dunia mengalahkan Ayers Rock di Uluru, Australia. Ketinggian batu kelam mencapai 1.002 mdpl, jauh lebih tinggi dan besar dibandingkan Ayers Rock yang memiliki tinggi 862 mdpl.

Gunung Kelam berlokasi di tengah Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Berjarak sekitar 20 km dari Kota Sintang dengan waktu tempuh 20 menit. Sekitar 395 kilometer dari Kota Pontianak dengan waktu tempuh sekitar 7-8 jam.

Ada 2 (dua) cara/moda transportasi yang bisa dipilih untuk menuju ke sana. Melalui darat dengan bus, atau melalui udara dengan pesawat dari Bandara Pontianak (PNK) Supadio ke Bandara Sintang (SQG)-Tebelian.

Gunung kelam merupakan cagar alam yang kaya flora dan fauna. Karena keanekaragaman hayatinya, Pemerintah menata kawasan tersebut sebagai Taman Wisata Alam (TWA) Gujung Kelam.

Berkunjung ke Bukit Kelam, wisatawan dapat menikmati suasana yang sejuk dan segar sekaligus melihat pemandangan hutan tropis di sekitar. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved