IDUL FITRI

Info Ganjil Genap Mudik 2022 Terbaru ! Cek Jadwal Ganjil Genap Arus Balik Lebaran 2022 dan One Way

Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk mengindari puncak arus balik, khususnya dengan kendaraan pribadi.

Editor: Jimmi Abraham
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
One Way saat Mudik Lebaran. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk mengindari puncak arus balik, khususnya dengan kendaraan pribadi.

Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk mengatur perjalanan arus balik masa mudik Lebaran 2022 dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Kebijakan yang diberlakukan pada arus mudik akan tetap diterapkan pada masa arus balik seperti one way (satu arah), ganjil genap dan larangan truk masuk jalan tol.

Pemerintah memprediksi puncak arus balik masa mudik Lebaran 2022 akan terjadi pada tanggall 6, 7 dan 8 Mei 2022.

“Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman,” kata Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 3 Mei 2022.

(Update berita seputar Idul Fitri 2022 disini)

Hepatitis Akut Menular Melalui Apa ? Ketahui Hepatitis itu Sejenis Penyakit Apa & Penyebab Hepatitis

Aturan one way dan ganjil genap arus balik 2022

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bahwa pihak kepolisian akan menerapkan tiga rekayasa lalu lintas pada arus mudik Lebaran 2022.

Ketiga rekayasa lalu lintas tersebut, yakni ganjil genap, one way, dan pembatasan truk angkutan barang tiga sumbu ke atas.

Aturan tersebut rencananya akan diberlakukan mulai 6-9 Mei 2022 di Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalingkung, Semarang, sampai Km 47 Tol Jakarta-Cikampek.

"Saat arus balik, kepolisian akan memberlakukan one way dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 hingga Tol Karawang Km 47 mulai 6 Mei sampai 9 Mei 2022," ujar Firman Shantyabudi, dikutip dari Kompas.com, Rabu (04/05/2022).

Firman mengimbau bagi masyarakat yang akan kembali ke wilayah DKI Jakarta untuk mengatur waktu keberangkatan pada masa arus balik.

Disarankan untuk masyarakat dapat melakukan perjalanan sebelum puncak arus mudik atau sesudah puncak arus mudik pada 9 Mei 2022.

"Bisa dipertimbangkan setelah melakukan silaturahmi dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal. Kalau memang cutinya cukup, bisa pulang setelah 9 Mei," ucap Firman.

Daftar Negara Penghasil Emas Terbanyak di Dunia ! Ada 10, Indonesia Peringkat Berapa ?

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved