Dewan Sambas Dukung Budidaya Ikan Air Tawar di Sungai Semparuk Sebangkau

pemerintah juga harus mendukung dengan program bantuan seperti pakan, jaring dan sebagainya. Supaya memacu semangat masyarakat untuk berbudidaya.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Anggota DPRD Sambas Ivandri. Tribun/Istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Ivandri mendukung pemerintah mengembangkan sektor budidaya ikan air tawar menggunakan Keramba Jaring Apung (KJA) di Sungai Semparuk Sebangkau, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Legislator PPP itu mengatakan, untuk meningkatkan minat masyarakat membudidayakan ikan air tawar di Sungai Semparuk Sebangkau, pemerintah melalui dinas terkait harus memberikan percontohan dan edukasi kepada masyarakat.

"Sungai Semparuk Sebangkau memang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi lokasi budidaya ikan air tawar dengan keramba. Saya minta pemerintah harus memberikan percontohan terlebih dahulu dan mengedukasi masyarakat," katanya, Minggu 17 April 2022.

Legislator Dapil Kecamatan Semparuk itu mengatakan, potensi besar yang dimiliki Sungai Semparuk Sebangkau tidak akan tergarap maksimal jika masyarakat tidak diberi pengetahuan tentang budidaya ikan air tawar.

Pemda Sambas Lirik Potensi Budidaya Ikan di Sungai Semparuk Sebangkau

Selain itu, pemerintah juga harus mendukung dengan program bantuan seperti pakan, jaring dan sebagainya. Supaya memacu semangat masyarakat untuk berbudidaya.

"Pemerintah juga harus bantu, mulai dari pakan, keramba, benih ikan, dan lain-lain. Jadi tidak cukup hanya diberi contoh saja. Semua harus berkesinambungan dan berkelanjutan," katanya.

Ivandri menyarankan, jika pemerintah ingin memberi bantuan benih kepada masyarakat, juga harus memperhatikan minat pasar. Pasalnya, di Kabupaten Sambas, mendapatkan ikan laut cukup mudah, jangan sampai ikan air tawar tidak laku.

"Keramba sebaiknya di isi dengan ikan yang bernilai atau yang banyak di senangi masyarakat. Jangan sampai kalah dengan ikan laut yang mudah di dapat di Sambas," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Sambas)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved