Peringatan Dini Potensi Gelombang Tinggi, BPBD Kayong Utara Imbau Nelayan Perhatikan Kondisi Cuaca

Pihak BPBD Kayong Utara juga mengingatkan kepada para nelayan dan penyedia jaya angkutan laut agar selalu melengkapi peralatan keselamatan

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Jovi Lasta
Suasana di Pelabuhan Speedboat Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Kamis 7 April 2022. TRIBUN PONTIANAK/Jovi Lasta. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara memberikan imbauan kepada masyarakat maupun nelayan yang melakukan aktivitas melaut tetap waspada dengan melihat kondisi serta cuaca saat ini.

Hal ini, menindaklanjuti Peringatan Dini Gelombang Tinggi yang dikeluarkan oleh Stasiun Metereologi Maritim Pontianak BMKG, pada tanggal 7 april 2022 pukul 07:00 wib sampai dengan 09 april 2022 pukul 07:00 wib Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Daya - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Selatan - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Banten, Perairan Kepulauan Seribu, Perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, Laut Natuna, Perairan Kalimantan Barat, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud.

Area Perairan Dengan Gelombang 1.25 sampai 2.5 meter kategori sedang berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Karimata, Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Polres Kayong Utara Tegaskan Awasi Perkembangan BBM

Mengenai hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kayong Utara, Noorhabib melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kayong Utara, Parsono menyampaikan imbauan Kepala Pelaksana BPBD ini kepada masyarakat serta nelayan agar waspada. Apabila terjadi cuaca buruk, sebaiknya mengurungkan niat untuk melaut.

"Kepala Pelaksana BPBD Kayong Utara menghimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas disekitar, juga bagi para nelayan serta masyarakat pelaku perjalanan laut agar selalu waspada dengan melihat kondisi cuaca di perairan tersebut," terangnya, Kamis 7 April 2022.

Selain itu, Pihak BPBD Kayong Utara juga mengingatkan kepada para nelayan dan penyedia jaya angkutan laut agar selalu melengkapi peralatan keselamatan di Kapal milik masing-masing.

"Penyediaan jaket keselamatan bagi para penumpang," tukasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kayong Utara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved