dr. Eka Ardiani Putri, MARS Jabarkan 11 Manfaat Kesehatan Air Putih Bagi Tubuh

Untuk itu, dokter cantik di Kalimantan Barat ini mengajak masyarakat agar jangan lupa minum air mineral setiap hari, atau air putih.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Famplet Kemenkes RI tentang manfaat kesehatan air putih. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - dr. Eka Ardiani Putri, MARS selaku Dokter dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (departemen public healt Universitas Tanjungpura Pontianak) menjelaskan tentang manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu, dokter cantik di Kalimantan Barat ini mengajak masyarakat agar jangan lupa minum air mineral setiap hari, atau air putih.

Pentingnya meminum air putih, karena manfaat yang didapat sangat banyak dan menguntungkan, dari segi kesehatan air mineral juga dapat meredakan beberapa penyakit. Sehingga apabila tubuh kita ingin sehat. Maka konsumsi air mineral yang cukup dan sesuai kebutuhan.

Berikut adalah manfaat kesehatan air putih

1. Mengatur suhu tubuh

Salah satu fungsi utama air adalah mengatur suhu supaya tubuh tetap stabil dalam kondisi panas. Apalagi cuaca saat ini di Kalimantan cukup menghawatirkan, terkadang panas pada Siang hari yang sangat terik dan tiba-tiba hujan, atau yang selalu berada di ruangan ber AC, selain itu juga untuk yang saat ini sedang demam dengan suhu tubuh yang tinggi, pilihan utama untuk menormalkan suhu tubuh dan melembabkan kulit adalah dengan mengkonsumsi air mineral/air putih.

2. Melembapkan dan membasahi mukosa

Fungsi lain air adalah melembapkan mukosa, terutama di mulut, hidung, dan mata. saat bernapas, ada kandungan air dalam udara.

“Jadi jangan heran kalau di area dalam hidung itu basah. Mulut juga secara normal basah, ada air liurnya. Tidak heran saat puasa, kita terasa mukosa di mulut Anda terasa sangat kering,”

3. Lubrikan pada sendi

Air dalam tubuh juga berfungsi untuk melubrikasi alias pelumas sendi.

“Karena sendi manusia itu untuk bergerak butuh air. Kalau kurang cairan, ya bisa tidak nyaman saat bergerak.”

4. Melindungi organ dan jaringan dalam tubuh

Fungsi air lainnya adalah melindungi organ dan jaringan dalam tubuh. Perlu di ingat tubuh manusia itu terdiri dari 70% air, dan semua kerja sisitem organ di dalam tubuh membutuhkan air.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved