Pemprov Kalbar Alokasikan Anggaran 16,8 Miliar untuk Perbaikan Jalan Sintang-Semubuk

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, disebut telah mengalokasikan anggaran sebesar 16,8 miliar rupiah untuk perbaikan ruas jalan Sintang-Sembuk pada

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Prokopim
Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus mengunjungi Dusun Mungguk Tenggiling (Semubuk) Desa Setungkup, Kecamatan Ketungau Hilir pada Jumat, 14 Januari 2022. Kunjungan Yustinus J ke wilayah tersebut dalam rangka bernegosiasi dengan Gabungan masyarakat Ketungau yang tergabung dalam Forum Gempung Ketungau sekaligus membuka pemblokiran jalan lintas ketungau yang menghubungkan antara Kota Sintang-Binjai Hulu-Ketungau Hilir-Ketungau Tengah-Ketungau Hulu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, disebut telah mengalokasikan anggaran sebesar 16,8 miliar rupiah untuk perbaikan ruas jalan Sintang-Sembuk pada tahun 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang, Hendrikus. Meski sudah dialokasikan oleh Pemprov Kalbar, Hendrikus masih belum mengetahui titik mana saja yang akan dikerjakan di ruas jalan tanggungjawab provinsi Kalbar.

“Mengenai ruas jalan (Sintang-Semubuk), saya tegaskan bahwa ini adalah ruas dengan status tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalbar. Melalui komunikasi saya dengan Kepala PU Kalbar, memang benar adanya pekerjaan tahun 2022 di ruas jalan ini, dengan total anggaran 16,8 Miliar," ujarnya.

"Tetapi mereka Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar belum memastikan dimana titik-titik lokasi pengerjaan ruas jalannya, tapi yang jelas ruas jalan Sintang-Semubuk,” kata Hendrikus belum lama ini.

Tiga Perusahaan Sawit Segera Turunkan Alat Berat Perbaiki Jalan Semubuk Sintang

Menyikapi tuntutan masyarakat, Hendrikus siap menyampaikan aspirasi masyarakat untuk dibawa ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Bahkan, Hendrikus mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Kepala Dinas PU Provinsi Kalbar.

“Apa yang menjadi aspirasi kita bersama, kami siap menyampaikannya ke Provinsi, dulu saja waktu status jalan ini masih dalam status ruas Kabupaten, kami Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang bersama-sama Pihak perusahaan perkebunan merawatnya bersama-sama. Sekarang statusnya itu menjadi ruas Provinsi, kewenangan kita terbatas, tapi kami komitmen untuk menyampaikan aspirasi masyarakat ini, kita sama-sama memperjuangkannya,” kata Hendrikus.

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Dapil Kalbar 7, Gregorius Herkulanus Bala juga membenarkan bahwa di tahun 2022 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sudah menganggarkan alokasi terkait pengerjaan ruas jalan lintas ketungau ini.

“Tahun 2022 kalau tidak ada pergeseran anggaran lagi dan saya sudah rapat kerja dengan Bappeda Provinsi Kalbar bahwa ruas ini mendapatkan anggaran 16,8 Miliar untuk ditahun 2022. kita di Parlemen sudah berusaha dengan baik," ucap Bala. (*) 

[Update Informasi Seputar Kabupaten Sintang]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved