Breaking News:

Traffic Light Tak Berfungsi, Lalu Lintas Simpang Polres Sintang Semrawut

Kasi Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Edy Paryanto mengungkapkan pada tahun 2022 ini ada anggaran untuk perbaikan komponen Traffi

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/AGUS PUJIANTO
Sudah lebih dari sepekan Traffic Light (lampu merah) di perempatan simpang Polres Sintang tak berfungsi normal. Akibatnya, lalu lintas kendaraan semrawut. Para pengguna jalan berusaha saling mendahului karena rambu lalu lintas tak berfungsi. Kondisi ini cukup membahayakan para pengguna jalan apabila tidak waspada dan berhati-hati dan rawan terjadi kemacetan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Sudah lebih dari sepekan Traffic Light (lampu merah) di perempatan simpang Polres Sintang tak berfungsi normal. Akibatnya, lalu lintas kendaraan semrawut.

Para pengguna jalan berusaha saling mendahului karena rambu lalu lintas tak berfungsi. Kondisi ini cukup membahayakan para pengguna jalan apabila tidak waspada dan berhati-hati dan rawan terjadi kemacetan.

Arus kendaraan simpang 4 Polres Sintang, dari arah jalan Bhayangkara-PKP Mujahidin cukup padat saban pagi dan sore hari. Karena ruas jalan utama menuju ke pusat kantor pemerintahan.

Kasi Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Edy Paryanto mengungkapkan pada tahun 2022 ini ada anggaran untuk perbaikan komponen Traffic Light Simpang Polres agar kembali berfungsi. Hanya saja, pekerjaanya baru bisa dilakukan pada bulan Maret.

"Tahun 2022 ada anggaran (perbaikan). Cuma ini masalahnya kita sudah dapat pihak ketiga, tapi belum kita buat perjanjian yanf jelas. Anggaran tersedia, tapi di bulan 3 paling cepat. Bisa cepat kalau pihak ketiga bisa menalanginya," kata Edy, Jumat 14 Januari 2022.

Bupati Sintang Ungkap Ada Investor yang Akan Bangun Kereta Gantung di TWA Bukit Kelam

Edy mengungkapkan, pada tahun 2021, pihaknya ada mengusulkan perbaikan 4 titik Traffic Light, termasuk di simpang Polres. "Tahun 2021 anggaran kita sebenarnya tersedia, cuma karena ada pemangkasan, itu jadi nol. Sehingga di tahun 2021 inilah yg terjadi sampai sekarang," jelasnya.

Menurut Edy, seharusnya Traffic Light yang ada di Kota Sintang dibenahi total. Sebab, 4 titik lampu merah yang ada saat ini, sudah berumur dan belum pernah diperharui komponen elektro termasuk kabel.

"Dulu awalnya sistem trafik gunakan tenaga surya, otomatis kabelnya standar tenaga surya, seiring berjalan, tenaga surya tidak mampu, kita alihkan ke listrik, sementara jaringan kabel masih tenaga surya. Simpang Polres itu dia kendala di kotak induk harus kita rakit ulang, kedua kabel di tiang yang bukan standar. Kabel itu dari awal belum pernah kita ganti. Makanya kita tahun 2021 dengan anggaran tersedia simpang polres niat kita kabelnya benahi semua, ganti total, karena itu jaminan kalau mau bagus ya total," jelas Edy. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved