Breaking News:

Harisson Dilantik Sebagai Sekda Kalbar, Jumadi: Merupakan Jabatan Tertinggi Dibirokrasi Pemerintah

Harisson, dari segi persyaratan dan profesionalisme sudah tidak di ragukan lagi, karena melalui seleksi tingkat Provinsi dan diusulkan ke Presiden.

Editor: Jamadin
Harisson Dilantik Sebagai Sekda Kalbar, Jumadi: Merupakan Jabatan Tertinggi Dibirokrasi Pemerintah
TRIBUN PONTIANAK/ FILE
Pengamat Politik FISIP Untan, Dr. Jumadi, M.Si

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat sekaligus Dosen Fisip Universitas Tanjungpura Kota Pontianak, Dr. Jumadi, menanggapi mengenai terpilihnya, dr. Harrison sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Jumadi, Sekda  itu merupakan jabatan karier tertinggi dalam birokrasi Pemerintah Provinsi.

"Sekda itu bukan jabatan politis, tapi jabatan karir, jadi sebagai jabatan karier tertinggi birokrasi dijajaran Pemprov harus menjalankan tupoksinya secara profesional,” jelasnya, Kamis, 13 Januari 2022.

“Membantu gubernur sebagai kepala daerah untuk menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan dan pembangunan di daerah sesuai dengan pemprov” ucapnya. 

Harisson Jabat Sekda Kalbar, Sutarmidji: Jangan Main-main Anggaran

Pengamat Politik Jumadi, menuturkan, bahwa Sekda, harus mampu mengawal penggelolaan secara profesional anggaran di seluruh jajaran OPD.

Sebagaimana diketahui bersama, pandemi covid-19 dengan berbagai variannya berdampak pada begitu cepat dan terkadang tidak bisa diduga berubahnya berbagai kebijakan dan pengelola anggaran.

“Menurut saya dalam konteks itu sekda harus mampu mengawal agar pengelolaan anggaran diseluruh jajaran OPD dikelola secara profesional, transparan dan akuntabel. Kemudian, bagaimana mendorong seluruh jajaran di OPD dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan agar terus berinovasi,” katanya.

Perubahan yang begitu cepat dan pandemi covid 19 mau tidak mau inovasi dalam tata kelola pemerintahan sudah menjadi keharusan. Itulah beberapa tantangan yang dihadapi oleh sekda kedepan.

Ia menambahkan, Harisson, dari segi persyaratan dan profesionalisme sudah tidak di ragukan lagi, karena melalui seleksi tingkat Provinsi dan diusulkan ke Presiden.

Proses seleksi ditingkat Provinsi sudah dilewati dan ketika diusulkan ke Presiden melalui Mendagri juga tentu melewati mekanisme yang sangat ketat.

"Jadi menurut saya, dari segi persyaratan dan profesionalisme tidak diragukan. Pak dr. Harison menurut saya cukup mengenal wilayah Kalbar dan ruang lingkup tugasnya sebagai Sekda,” ungkapnya.

“Selama masa pandemi Covid 19, sebagai Kadis kesehatan yang juga Satgas Covid beliau juga cukup sigap dan tegas. Mudah-mdahwn dengan modal pengalamannya selama ini sebagai eselon 2, lebih mampu membawa perubahan dalam tata kelolah pemerintahan yang semakin inovatif dilingkungan Pemprov Kalbar,” pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved