Breaking News:

Harisson Jabat Sekda Kalbar, Sutarmidji: Jangan Main-main Anggaran

Gubernur Kalbar Sutarmidji menegaskan pemilihan Sekda Kalbar dilakukan dengan transparan dan terbuka.

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Gubernur Sutarmidji didampingi istri bersama Sekda Kalbar Harisson dan istri usai pelantikan Sekda Kalbar di Balai Petitih Provinsi Kalbar, Jumat 14 Januari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalbar, Sutarmidji melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Kalbar, Jumat 14 Januari 2022. Sekda Kalbar terpilih adalah, dr Harisson yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kalbar.

Harisson terpilih usai mengikuti serangkaian proses seleksi yang dilakukan oleh panitia hingga penentuan dari pemerintah pusat. Pada pemilihan tingkat provinsi yang dilakukan panitia ditetapkan tiga nama yang lolos dengan nilai tertinggi.

Selanjutnya, tiga nama tersebut diusulkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kemudian diusulkan ke Presiden melalui Mendagri. Selain Harisson, dua nama yang lolos pada tiga besar adalah, Syarif Kamaruzzaman yang menjabat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kalbar. Serta Ignasius, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalbar.

Gubernur Kalbar Sutarmidji menegaskan pemilihan Sekda Kalbar dilakukan dengan transparan dan terbuka. Selaku Gubernur Kalbar, ia mengatakan tak memberikan intervensi dalam pemilihan Sekda Kalbar. Ia hanya diminta mengambil SK dari pemerintah usai ditetapkan.

Kisah Sekda Harisson Merantau ke Kalbar Tahun 1994, Pilih Naik Kapal Karena Tak Punya Uang

"Sebetulnya, SK Sekda sudah lama diterbitkan, cuma karena saya sudah ada jadwal ke daerah-daerah, maka baru Senin tanggal 10 Januari diambil SK-nya," kata Sutarmidji saat diwawancarai Tribun, Kamis 13 Januari 2022.

Sutarmidji meminta Sekda terpilih bekerja sesuai dengan aturan dan tidak melakukan pelanggaran serta penyimpangan. Ia sudah memberikan peringatan atau warning pada Sekda jangan bermain-main dengan anggaran karena semua sudah ada aturan.

Bahkan tak hanya pada Sekda, Sutarmidji juga memberikan pesan pada seluruh jajaran pejabat dan pegawai di Pemprov Kalbar agar tak bermain-main dengan anggaran. "Saya harap Sekda bekerja profesional, sesuai aturan. Jangan ada pelanggaran, terutama di bidang keuangan," tegasnya.

"Saya rasa tunjangan, dan fasilitas yang diberikan oleh negara sudah lebih dari cukup," imbuh mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini.

Usai pelantikan, dr Harisson sebagai Sekda Kalbar otomatis jabatan Kepala Diskes Kalbar akan kosong. Sutarmidji menjelaskan, dirinya akan mengangkat pelaksana harian (Plh) untuk menjalankan semua program kerja yang ada.

Saat ini, Pemprov Kalbar juga ditegaskannya sudah melakukan jobfit. Midji memastikan tak akan menunggu lama-lama untuk melantik Kepala Diskes yang baru. Pasalnya, Diskes adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sangat vital di tengah pandemi Covid-19.

Pj Sekda Kalbar Beri Selamat Atas Dilantikanya Heri Mustamin Sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalbar

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved