Breaking News:

Musim Penghujan Masih Melanda, Diskes Sekadau Imbau Masyarakat Antisipasi Penularan DBD

Henry Alpius mengatakan meskipun kasus DBD di Kabupaten Sekadau selama tahun 2021 tidak terlalu banyak. Namun masyarakat tetap diimbau untuk mengantis

TRIBUNPONTIANAK/Marpina Sindika Wulandari
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henry Alpius. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU -  Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau imbau masyarakat jaga kebersihan lingkungan, waspadai Demam Berdarah Dengue, Kamis 13 Januari 2022.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan meskipun kasus DBD di Kabupaten Sekadau selama tahun 2021 tidak terlalu banyak. Namun masyarakat tetap diimbau untuk mengantisipasi penyakit tersebut, mengingat saat ini merupakan musim penghujan.

"Saya lihat perkembangan kasus khususnya di Belitang Hulu, sudah terjadi kasus DBD, oleh sebab itu memang harus diwaspadai, masyarakat jangan terlalu terlena, jaga kebersihan lingkungan," kata Henry Alpius.

Wacana Minyak Goreng Subsidi, Masyarakat Sekadau Harap Segera Didistribusikan

Dikatakan Henry, di samping adanya pandemi Covid-19 masyarakat juga harus mewaspadai adanya DBD, sehingga tidak hanya menerapkan protokol kesehatan 5M untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 tetapi juga melakukan pencegahan terhadap penyebaran DBD dengan membersihkan lingkungan.  

Beberapa cara mudah mencegah DBD diantaranya menggunakan kelambu dan kasa saat tidur, menggunakan obat nyamuk, mengenakan pakaian tertutup untuk mencegah gigitan nyamuk, Menerapkan 3M meliputi membersihkan tempat penampungan air, seperti bak kamar mandi, kolam ikan, dan vas bunga, menutup wadah air, serta mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Serta memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus dengue.

Sementara itu, diketahui sebelumnya BMKG Kalimantan Barat telah menyampaikan prakiraan cuaca dari tanggal 13-19 Januari 2022.
Dimana perlu diwaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas ringan – lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian wilayah Kalbar tanggal  13 sampai 19 Januari 2022. (*)

[Update Informasi Seputar Kabupaten Sekadau]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved