Breaking News:

Pemkot Singkawang Akan Relokasi PKL di Jalan Merdeka, Lokasi Baru Masih Dikaji

"Maka, terjadi peningkatan jumlah PKL yang beroperasi di wilayah tersebut sebanyak 62 PKL dan beberapa odong-odong," katanya.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rizki Kurnia
Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kota Singkawang, Muslimin. /Rizki Kurnia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Pemerintah Kota Singkawang berencana merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang beroperasi di Jalan Merdeka, sekitaran Mess Daerah Singkawang dan Taman Buru Kota Singkawang, Kalimantan Berat.

Dimana rencana relokasi ini, telah menjadi pembahasan pada rapat yang digelar di ruang rapat Wali Kota Singkawang, dengan dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kota Singkawang, Muslimin mengatakan, rencana relokasi ini dilakukan karena terjadi peningkatan jumlah PKL yang beroperasi di sepanjang jalan Merdeka, khususnya di sekitar Taman Burung dan Mess Daerah.

Padahal sebelumnya, lanjut Muslimin, berdasarkan data miliknya, hanya ada sekitar 35 PKL dan berberapa odong-odong yang beroperasi di sekitaran area tersebut.

Satbinmas Polres Singkawang Lakukan Door to Door, Upaya Memudahkan Warga Vaksin Covid-19

Peningkatan jumlah PKL yang terjadi akhir-akhir ini, menurut Muslimin, merupakan dampak dari pandemi Covid-19, setelah sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan dan beralih usaha dengan menjadi pedagang kaki lima.

"Karena pandemi, ada sebagian masyarakat yang kehilangan pekerjaan ataupun beralih usaha sebagai mata pencaharian mereka yang baru," tutur Muslimin, Rabu 12 Januari 2022.

"Maka, terjadi peningkatan jumlah PKL yang beroperasi di wilayah tersebut sebanyak 62 PKL dan beberapa odong-odong," katanya.

Untuk saat ini, Muslimin mengatakan, masih belum menentukan lokasi baru untuk menempatkan para PKL, namun berberapa lokasi alternatif yang sedang dipertimbangkan yakni jalan menuju Lapangan Tarakan, Pujasera Hawis, dan area Terminal Induk.

namun Pemerintah Kota Singkawang telah menetapkan beberapa lokasi alternatif. Adapun lokasi-lokasi alternatif yang masih menjadi pertimbangan berada di sepanjang jalan menuju Lapangan Tarakan, sepanjang jalan Merdeka, Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) Hawis, dan area Terminal Induk.

"Bu Wali memberikan waktu kepada kami para OPD untuk mengkaji kembali lokasi-lokasi aternatif tersebut selama satu minggu kedepan. Setelah itu, baru akan kami sampaikan hasil kajian ini kepada Bu Wali untuk menetapkan putusan," ujarnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Singkawang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved