Breaking News:

Komisi II DPRD Singkawang Dukung Pemkot Relokasi PKL Jalan Merdeka

"Pemkot juga harus menjaga paling tidak tiga bulan, pemerintah menuntun PKL dalam menyesuaikan berjualan di tempat yg baru," katanya.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/Rizki Kurnia
Anggota DPRD Kota Singkawang, Muhammadin. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Pemerintah Kota Singkawang berencana merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang beroperasi di Jalan Merdeka, sekitara Mess Daerah Singkawang dan Taman Buru Kota Singkawang, Kalimantan Berat.

Ketua Komisi II DPRD Kota Singkawang, Muhammadin menilai relokasi PKL yang dilakukan Pemerintah Kota Singkawang merupakan upaya menata Kota untuk keindahan, kenyamanan dan kepentingan masyarakat yang lebih banyak.

Jalan Merdeka disekitar Mess Daerah dan Taman Burung tersebut, kata Muhammadin, kini sudah menjadi cukup sempit dan sulit untuk dilalui dengan adanya aktivitas masyarakat seperti berdagang, bermain odong-odong dan lainnya.

Sementara jalur Jalan Merdeka tersebut, Muhammadin katakan, merupakan jalur yang banyak diakses oleh masyarakat, baik untuk menuju pusat Pasar dari arah Singkawang Utara atau Tengah, ataupun menuju rumah ibadah, perkantoran dan lainnya.

Tjhai Chui Mie Akan Relokasi PKL Jalan Merdeka, Minta OPD Kaji Sisi Pendapatan PKL

"Kepentingan lebih besar masyarakat umum adalah melintasi sekitar jalan akses terdekat banyak di lalui, baik menuju pusat pasar dari Singkawang Utara atau tengah, menuju rumah ibadah, pekantoran, dan ini juga baru dalam tahap pengkajian," ujar Muhammadin, Rabu 12 Januari 2022.

Namun, Muhammadin berpesan kepada Pemerintah Kota Singkawang untuk merelokasi PKL ke tempat yang lebih baik. Hal ini, menurutnya, agar penghasilan para PKL tidak menurun.

"Pemkot juga harus menjaga paling tidak tiga bulan, pemerintah menuntun PKL dalam menyesuaikan berjualan di tempat yg baru," katanya.

Selain itu, Muhammadin juga meminta Pemerintah untuk melakukan pendataan yang real-time terhadap PKL, sehingga setelah di tata dengan baik, tidak ada PKL baru yang berjualan di tempat yang sama.

"Kami sebagai unsur Pemerintahan mendukung kebijakan yang lebih besar, dan juga menjaga amanah masyarakat dalam kontek yang lebih luas, sebagai perwakilan masyarakat, menjaga keseimbangan antara pengambilan kebijakan yang akan diambil untuk memberikan manfaat untuk kota Singkawang yang kita cintai bersama. Masyarakat juga harus mendukung kebijakan besar dalam kepentingan kemajuan keindahan dan kenyamanan seluruh masyarakat kota Singkawang," tukasnyanya. (*)

(Simak berita terbaru dari Singkawang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved