Berita Video

Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas, Sejumlah Warga dan Relawan Berlarian Menyelamatkan Diri

munculnya awan panas guguran sudah diprediksi karena pada malam harinya di kawasan tersebut hujan.

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LUMAJANG - Kamis 16 Desember 2021, awan panas guguran (APG) Gunung Semeru dilaporkan kembali menerjang.

Sejumlah relawan berlarian turun dari lokasi bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Mereka berupaya menyelamatkan diri dari awan panas Gunung Semeru.

Peristiwa relawan dan warga yang berlarian tersebut terekam dalam sebuah video amatir. Dalam video terlihat sejumlah relawan dan warga panik. Tampak pula sejumlah kendaraan berat menjauh dari lokasi guguran awan panas.

“Tadi sekitar pukul 09.30 WIB terjadi awan panas guguran (APG) lagi,” kata Ketua Badan Rescue Nasdem Jember David Handoko Seto yang berada di lokasi bencana Semeru kepada Kompas.com via telepon.

Sudah diprediksi Menurut dia, munculnya awan panas guguran sudah diprediksi karena pada malam harinya di kawasan tersebut hujan.

“Ketika teman-teman tadi ada di lokasi pencarian, semua kru ditarik kembali,” ucap dia. Dia menilai APG tersebut sangat berbahaya bila relawan tidak ditarik. Sebab, kecepatan APG tersebut bisa mencapai 10 kilometer per detik.

22 Warga Meninggal Dunia Akibat Erupsi Gunung Semeru

David menambahkan, tak hanya relawan yang turun, warga yang berada di lokasi rumah mereka juga berlarian.

Warga berada di lokasi bencana karena sedang membersihkan rumahnya dan mengemas sisa-sisa barang yang ditinggal. Basarnas dan BPBD menginstruksikan agar warga meninggalkan lokasi.

 “Tidak ada satu pun warga yang boleh ada di lokasi,” tambah dia. Sekarang, kata dia, kondisi sudah mulai kondusif, meski ancaman awan panas guguran masih ada. Warga dan relawan masih berada di posko pengungsian.

[Update Berita Video Tribunpontianak]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved