Breaking News:

Penyebab Oli Mesin Kering dan Tanda-tanda Oli Mesin Kering ! Apa itu Oli Mesin dan Fungsinya ?

Oleh karena itu, para pemilik kendaraaan bermotor baik sepeda motor maupun mobil wajib mengecek secara rutin oli di mesin kendaraannya.

Pixabay/Chrisreadingfoto
Ilustrasi peralatan bengkel. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Oli merupakan satu diantara komponen penting yang berfungsi tidak hanya sebagai pelumas, tetapi juga pelindung dan pendingin mesin.

Tanpa oli, mesin akan cepat aus, bahkan dapat menyebabkan kerusakan parah.

Oleh karena itu, para pemilik kendaraaan bermotor baik sepeda motor maupun mobil wajib mengecek secara rutin oli di mesin kendaraannya.

(Update berita nasional, internasional dan regional menarik lainnya disini)

Apa itu Gendam ? Bagaimana Cara Mencegah Gendam ? Waspada, Modus Kejahatan Gendam !

Berikut penjelasan ahli terkait fungsi oli, penyebab dan dampak yang terjadi jika oli kering:

Fungsi dan pentingnya oli mesin

Dosen Jurusan Teknik Mesin di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Muhammad Nizam menjelaskan, oli mesin memiliki fungsi utama sebagai pelumas dari setiap komponen yang bergerak di dalam mesin kendaraan.

 

Jika oli tidak diganti dalam waktu yang cukup lama, maka dapat mengakibatkan penurunan performa mesin, akibat keausan komponen yang ada di dalam mesin.

"Pada awalnya mesin akan terasa panas karena gesekan komponen internal mesin yang berlebih, setelah komponen mengalami keausan maka oli yang masih tersimpan di dalam mesin akan ikut terbakar dalam proses pembakaran mesin," ujar Nizam, saat dihubungi Kompas.com, Jumat 3 Desember 2021.

Dia menambahkan, mesin panas atau aus akibat oli kering ditandai dengan mesin yang mengeluarkan asap tipis hingga tebal dari knalpot.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved