Breaking News:

Kondisi Sintang Kembali Normal, Dandim Sintang Lepas Marinir dan Armed Kembali ke Satuan

"Sesuai pertimbangan kondisi wilayah Sintang yang sudah membaik, 90 persen sudah normal, aktivitas masyarakat sudah berjalan kembali," kata Dandim

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Foto Pengdim Sintang
Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono melepas prajurit Lantamal XII serta Armed 16/Komposit kembali ke Kesatuan, Minggu, 28 November 2021. Kegiatan yang berlangsung di lapangan apel Makodim Sintang ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi Kodim 1205/Sintang kepada personil yang terlibat dalam membantu penanganan banjir di Kabupaten Sintang sejak beberapa pekan yang lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono melepas prajurit Lantamal XII serta Armed 16/Komposit kembali ke Kesatuan, Minggu, 28 November 2021.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan apel Makodim Sintang ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi Kodim 1205/Sintang kepada personil yang terlibat dalam membantu penanganan banjir di Kabupaten Sintang sejak beberapa pekan yang lalu.

Dandim menyampaikan terima kasih kepada prajuri Armed dan Lantamal XII, yang mana sudah hampir sebulan berada di Kodim Sintang dalam membantu kami dalam penanganan banjir yang terjadi beberapa pekan di Kabupaten Sintang.

Saat ini, kondisi Sintang pasca banjir yang terjadi sudah mulai membaik, aktivitas warga masyarakat berangsur-angsur mulai kembali normal.

Kepala BPBD Sintang Terima Bantuan Sembako dari Goodhope Group

"Sesuai pertimbangan kondisi wilayah Sintang yang sudah membaik, 90 persen sudah normal, aktivitas masyarakat sudah berjalan kembali," kata Dandim Sintang.

Dandim berharap, semoga kedepan tidak ada kejadian banjir lagi. Namun demikian, prakiraan cuaca yang di rilis oleh BMKG, pada bulan Desember dan Januari masih ada curah hujan yang tinggi.

Menurutnya, pada awal terjadinya banjir di Kabupaten Sintang, Kodim 1205/Sintang kekurangan armada baik truk dan perahu karet untuk distribusi logistik dan evakuasi, terutama truk tinggi untuk melintasi Jalan nasional Lintas Melawi. Sehingga Dandjm laporkan kepada Kasdam XII/Tanjungpura.

"Respon yang sangat baik dari pimpinan dengan mengirimkan Bantuan Personil beserta armada dari Yon Armed dan juga Lantamal XII. Kita menerima bantuan perahu karet dan truk Yunimox serta truk Rio, sangat berterima kasih karena sangat membantu kita dalam pelaksanaan tugas tanggap bencana dengan lancar," ujar Dandim.

Sampai saat ini, kondisi banjir sudah surut walaupun belum 100 persen. Sebagian besar warga sudah kembali ke rumah masing-masing. Jumlah pengungsi di Kecamatan Sintang tinggal 83 orang.

"Jadi saya rasa saat ini kondisi sudah mulai normal. Kedepan kita sama-sama berdoa, semoga tidak terulang kembali kondisi ini. Saat ini kita masih memiliki cadangan stok logistik, karena belajar dari kondisi pada akhir oktober lalu saat kejadian banjir, kita tidak memiliki apa-apa, untuk beras kita masih beli sendiri, kita cari sendiri, dapur umum saja berdiri hanya memasok 200 bungkus nasi, yang penting kita siapkan, dan selanjutnya kita fokuskan dan mendapatkan kepercayaan warga masyarakat, akhirnya kita mendapatkan bantuan pasokan," kata Dandim. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved