Breaking News:

BMKG Melawi Imbau Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Akhir Tahun

Wakil Bupati Melawi Kluisen berharap informasi pada cuaca yang disampaikan BMKG melalui stasiun meteorologi Melawi disebarluaskan agar masyarakat turu

Penulis: David Nurfianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/David Nurfianto
Wakil Bupati Melawi Kluisen bersama Kepala Stasiun Meteorologi Kabupaten Melawi Rully Affandi serta Forkopimda Kabupaten Melawi usai melaksanakan Coffe Morning di Stasiun Meteorologi Kabupaten Melawi. Jumat 26 November 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Kepala Stasiun Meteorologi Kabupaten Melawi Rully Affandi mengimbau Masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam terutama banjir dan longsor karena Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Melawi mungkin diguyur hujan lebat di penghujung tahun 2021 hingga awal 2022.

Rully menyebutkan curah hujan masuk kategori menengah pada akhir 2021 dengan intensitas 200-300 mm/bulan. 

"Namun pada awal tahun 2022, curah hujan diprediksi meningkat menjadi 200-400 mm dengan prakiraan curah hujan tinggi di wilayah Menukung dan Ella Hilir," ujarnya. Jumat 26 November 2021.

DPRD Melawi Gelar Paripurna, Milda Itares Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD

Rully juga menyampaikan perlu ada kesiapsiagaan dan upaya mitigasi dari pemangku kepentingan terkait bencana hidrometeorologi.

“Kita berharap ada tanggapan lanjutan dari pemerintah daerah, instansi di bawahnya maupun TNI Polri atas isu-isu yang kita sampaikan terkait potensi tadi. Bagaimana menanggapi informasi dari BMKG ini,” kata Rully.

Terpisah, Wakil Bupati Melawi Kluisen berharap informasi pada cuaca yang disampaikan BMKG melalui stasiun meteorologi Melawi disebarluaskan agar masyarakat turut mengetahui perkembangan cuaca dan hujan sehingga memiliki kesiapan menghadapi potensi bencana banjir.

“Masyarakat jangan sampai tak tahu, karena masyarakat banyak tinggal di tepian bukit maupun sungai. Dengan prediksi curah hujan dengan kategori menengah dan tinggi, masyarakat harus bersiap terjadinya banjir. Jangan sampai ke tengah-tengah lelap, tidak tahu banjir melanda,” pungkasnya. (*)

[Update informasi Seputar Kabupaten Melawi]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved