Breaking News:

Berita Video

Mensos Tri Rismaharini Kunjungi Lokasi Banjir di Sanggau, Ini Bantuan Yang Diserahkan kepada Warga

Tri Rismaharini mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan tetap siaga, karena perubahan iklim, dampak la Nina ini cukup berat.

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Rabu 3 November 2021, Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini meninjau sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Lingkungan Liku, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Tri Rismaharini didampingi Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, Anggota DPD RI, Pj Sekda Kalbar, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, dan Forkompimda Sanggau lainya serta pejabat terkait lainya.

"Hari ini kita bersama-sama membagikan bantuan untuk warga yang terdampak banjir di Sanggau. Nanti setelah ini kita akan menuju ke Sekadau, setelah itu kita akan menuju ke Sintang dan Melawi," kata Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Rabu 3 November 2021.

Untuk di Kabupaten Sanggau, bantuan yang diserahkan berupa 156 paket makanan anak, 30 paket family kit, 40 kids ware, 40 food ware, 50 paket peralatan dapur keluarga, 50 lembar kasur merah, 100 lembar matras, 40 lembar tenda gulung, 30 lembar velbed, 1 unit tenda serbaguna keluarga (57), 1 unit tenda serbaguna merah dan 2.000 kg beras total 208.331.406.

Ditambah bantuan baju untuk anak balita laki-laki 32 helai, Baju laki-laki dewasa 52 helai, Pakaian dewasa perempuan 58, Baju anak laki-laki 23 helai, Anak balita perempuan 22 helai, Anak perempuan usia sekolah 26 helai, dan mainan anak 17 Pcs Diapers (Popok) ukuran M 30 Pcs, L28 Pcs, S28 Pcs, popok dewasa 16 Pcs; serta Sembako 300 paket sehingga total bantuan Rp 288.301.406.

Polres Sekadau Berikan Pengamanan Secara Intensif Kunjungan Kerja Mensos Tri Rismaharani di Sekadau

Tri Rismaharini mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan tetap siaga, karena perubahan iklim, dampak la Nina ini cukup berat.

"Jadi semakin tahun semakin berat curah hujan yang kita akan hadapi. Karena itu, Pak Lasarus (Ketua Komisi V DPR RI) juga mengajak Balai untuk bagaimana menyelamatkan warga di sepanjang sungai Kapuas ini. Karena kalah tidak semakin lama semakin berat,"jelasnya.

Jadi, lanjutnya, nanti dirinya akan komunikasi dengan Kementerian PU karena sebetulnya sudah ada danau-danau disepanjang sungai Kapuas yang bisa difungsikan untuk penampungan air kalau curah hujan tinggi.

"Sehingga tidak melimpas ke warga, Jadi ditempatkan di danau-danau tadi,"ujarnya.

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus menambahkan bahwa ini memang sudah seperti siklus tahunan.

"Tapi seperti tadi Mensos katakan memang kita tidak boleh menyerah juga dengan situasi ini. Supaya kita cari jalan keluar, bisa tidak kekuatan alam ini untuk kita siasati bukan kita lawan ya, kita siasati seperi tadi disampaikan, di Kapuas Hulu itukan ada banyak sekali danau dan sekarang mulai mengalami pendangkalan. Dan tadi malam kita sudah diskusi dengan Balai Besar SDA Wilayah Kalbar ya, Untuk kiranya danau-danau di Kapuas Hulu ini dinormalisasi kembali sehingga daya tampungnya kembali normal,"ujarnya. (*)

[Update Berita Video Tribunpontianak]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved