Breaking News:

Guru SMA Santo Paulus Pontianak Mengikuti IHT Guru Profesional Beriman dan Berkarakter Berkah

In House Training ini mengambil tema, "Guru Profesional dan Berkarakter, BERKAH dengan narasumber Dr Y Gatot Sutapa Y MPd

Editor: Stefanus Akim
IST
SMA Santo Paulus Pontianak mengadakan In House Training (IHT) untuk guru-guru. 

CITIZEN REPORTER

Oleh: Damiana Betsy Spd | Tenaga Pendidik SMA Santo Paulus Pontianak

Dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru, SMA Santo Paulus Pontianak mengadakan In House Training (IHT) bagi guru-guru. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 18-19 Oktober 2021 di Aula Bonaventura yang beralamat di Jl Sepakat 2, Kota Pontianak.

In House Training ini mengambil tema, "Guru Profesional dan Berkarakter, BERKAH dengan narasumber Dr Y Gatot Sutapa Y MPd, yang merupakan dosen di Universitas Tanjungpura Pontianak.

Dalam materinya beliau menyatakan saat ini dunia dikuasai oleh teknologi. Dunia bergerak ke arah digital dan menggantikan tenaga manusia dalam mengerjakan sesuatu. Beliau memberikan contoh dengan adanya kemajuan teknologi di bidang transportasi seperti kereta api sekarang bahkan tidak lagi membutuhkan seorang Masinis, digantikan dengan kereta listrik.

Sama halnya dalam dunia Pendidikan, peserta didik bisa dengan mudahkan mengakses materi pelajaran dan informasi-informasi terkait pelajaran dan pengembangan diri melalui internet yang secara tidak langsung menggantikan peran guru sebagai sumber informasi di kelas. Namun beliau menekankan,Teknologi ini tidak serta merta bisa menggantikan peran guru, karena guru mengajar dengan hati untuk menghantarkan peserta didik tidak hanya unggul dalam pengetahuan, tetapi juga unggul dalam iman dan berkarakter baik.

Kepala SMA Santo Paulus Pontianak Br Filianus Hieronimus Nasu Rusik MTB dalam membuka kegiatan menyatakan bahwa setiap guru harus terus mengembang diri dan mengikuti arah perkembangan serta berdinamika demi mewujudkan Pendidikan yang berkualitas yang dilandasi sifat professional, beriman dan berkarakter.

Di era perubahan yang begitu cepat, kita tentunya tidak bisa hanya tinggal diam menyaksikan dan menjadi penonton berbagai perubahan yang terjadi. Dunia Pendidikan juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu dengan tujuan memperbaiki sistem Pendidikan menciptakan generasi penerus yang berkualitas. Terlebih saat ini dunia masih terus berjuang untuk melawan pandemic covid-19 yang memberikan dampak besar khususnya dalam dunia Pendidikan.

Sebagai seorang guru tentunya kita dituntut dengan segera dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Kegiatan pembelajaran yang semula di laksanakan di sekolah, kini berpindah dari rumah masing-masing peserta didik.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi penjadi penolong kegiatan belajar mengajar pada saat ini. Media belajar online seperti googlemeet, zoom meeting, google classroom menjadi pilihan yang popular. Guru profesional tentunya akan dituntut dengan cepat agar dapat menguasai dalam penggunaan media belajar online tersebut.

Dalam praktiknya bukanlah hal mudah yang dihadapi oleh para guru untuk dapat terus memiliki sifat-sifat professional seperti komitmen yang tinggi dan tanggung jawab, guru harus berani keluar dari zona nyamannya saat ini untuk tetap berkembang.

Selama kegiatan berlangsung para guru dengan antusiasnya mengikuti setiap sesi acara yang berlangsung selama dua hari. Tidak melulu diberikan materi, tetapi juga diselingi dengan ice breaking yang menambah semangat para guru, sejenak dapat melepas kepenatan dari Rutinitas sehari-hari di sekolah.

Kegiatan ini di tutup oleh Br.Y.Maria Vianney Alexius Harnoto Trilaksono,MTB selaku ketua Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder. Dalam sambutannya beliau mengatakan dan berpesan kepada guru-guru agar terus bersinergi dalam mewujudkan Pendidikan yang berkualitas dan memerdekakan. (Penulis mengajar mata pelajaran Sosiologi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved