Breaking News:

Akibat Banjir Lima Unit Rumah Warga di Putussibau Ikut Tanah Longsor

Seorang Pemilik Rumah Longsor, HM Isa menyatakan, kejadian malam Minggu 2 Oktober 2021 (atau Sabtu malam), membuat bagian dapur rumah harus roboh akib

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Lokasi longsor yang merobohkan dapur bagian rumah warga di Teluk Barak Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan, Rabu 6 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Akibat di terjang banjir beberapa waktu lalu 2-3 Oktober 2021, ada lima unit rumah milik warga di Teluk Barak Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan, ikut longsor.

Lima rumah yang terdampak longsor yaitu, rumah miliknya HM Isa, Abdul Samad, Rahmat Hidayat, Jamran, dan satu unit rumah ke hulu jembatan Kapuas. Dimana saat ini proses pembongkaran sisa roboh rumah sedang di lakukan oleh Anggota Tagana, Tim Reaksi Cepat Pramuka, dan Anggota Forum Komunikasi Pemuda Melayu Kapuas Hulu.

Seorang Pemilik Rumah Longsor, HM Isa menyatakan, kejadian malam Minggu 2 Oktober 2021 (atau Sabtu malam), membuat bagian dapur rumah harus roboh akibat tanah longsor.

"Untung sebelum roboh barang-barang sudah dievakuasi dulu," ujarnya kepada wartawan, Rabu 6 Oktober 2021.

Dijelaskannya juga bahwa, kejadian longsor tersebut sudah terjadi sejak Tahun 2020 lalu hingga saat ini. "Jadi jika tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak luas bagi pemukiman penduduk di daerah Teluk Barak," ucapnya.

Kapolres Salurkan Bansos Pasca Banjir di Putussibau Selatan Kapuas Hulu

Diharapkan juga, atas kejadian ini bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah, untuk mengatasi longsor yang terjadi di daerah Teluk Barak, jangan sampai terjadi lagi rumah warga longsor," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan menyatakan pihaknya akan meninjau lokasi longsor di Teluk Barak

"Saat ini kami sedang menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran dan meninjau longsor juga di daerah Letuh Kecamatan Hulu Gurung, nanti ada Anggota BPBD Kapuas Hulu ke lokasi longsor di Teluk Barak," ungkapnya.

Ketua Tagana Kapuas Hulu M Hatta juga menambahkan, kalau dirinya telah memerintahkan anggotanya untuk membantu korban longsor membongkar sisa bangunan yang roboh.

"Alhamdulillah sudah kita tanggani sementara," ujarnya.

Pastinya kata Hatta, pihaknya sangat prihatin atas musibah yang menimpah warga korban longsor di Teluk Barak.

"Kami juga berharap, pemerintah segera mengambil sikap, agar di bangun penyanggah atau penahan tebing sehingga tidak terjadi lagi longsor yang berdampak terhadap pemukiman penduduk," ungkapnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kapuas Hulu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved