Breaking News:

Pandemi Covid-19 Buat Keuangan Daerah Berpotensi Alami Penurunan

Sedangkan upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah Kapuas Hulu, dalam menangani pandemi covid-19 yaitu, melakukan penyesuaian target dari sumber s

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyatakan, sejak adanya pandemi covid-19, telah menghambat aktivitas ekonomi daerah, sehingga menyebabkan kemampuan keuangan pemerintah daerah berpotensi mengalami penurunan.

"Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, guna membatasi aktivitas fisik manusia, untuk menghambat laju penularan covid-19, yang berdampak pada aktivitas produksi barang dan jasa, serta perdagangan yang menyebabkan pengangguran meningkat dan warga yang kehilangan penghasilan bertambah," ujarnya, Senin 27 September 2021.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, jelas Bupati, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu telah melakukan beberapa upaya dalam mengantisipasi dampak dari pandemi covid-19 ini.

Bupati Kapuas Hulu dan Asosiasi Pengusaha Keratom Akan Sampaikan Aspirasi ke DPR RI

"Dengan tujuan supaya dapat meminimalisasi dampak terhadap APBD, sektor ekonomi dan sosial," ucapnya.

Sedangkan upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah Kapuas Hulu, dalam menangani pandemi covid-19 yaitu, melakukan penyesuaian target dari sumber sumber pendapatan asli daerah, melakukan refo using, yaitu dengan cara disusunnya kembali skala prioritas belanja terutama untuk pendanaan bidang kesehatan dan sosial.

"Selanjutnya adalah rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD ini, disusun untuk mengakomodir penggeseran baik berupa hasil refo using, realokasi maupun pemotongan anggaran belanja yang ada di seluruh SKPD dalam upaya mendukung penangganan pandemi covid-19," ujarnya.

Fransiskus Diaan juga terus mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar terus meningkatkan upaya pencegahan penyebaran virus Corona, dengan menaati protokol kesehatan.

"Terpenting lagi adalah, marilah lakukan vaksinasi," ungkapnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kapuas Hulu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved