Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Apa itu Kolase ? Bagaimana Cara Membuat Kolase ?

Pada kolase, potongan, pecahan, atau kepingan material yang juga biasanya dari benda bekas dapat langsung ditempelkan menjadi bagian dari obyek yang

Pixabay/Ben_Kerckx
Ilustrasi kerajinan kolase. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dalam buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) oleh Sofyan Salam dan teman-teman, seni kolase adalah jenis karya seni rupa yang dibuat dengan menempel potongan, pecahan, atau kepingan material yang dimanfaatkan sebagai bagian dari bentuk yang digambarkan.

Kepingan material yang dimaksud dapat berupa, kertas, kaca, tegel, kerang, kulit kayu, dedaunan, dan lainnya.

Potongan, pecahan, atau kepingan tidak hanya diperlukan sebagai bahan pewarna seperti pada mosaik, tetapi juga sebagai bagian dari bentuk yang ingin ditampilkan dengan ukuran yang tidak perlu sama untuk setiap bagian.

Pada kolase, potongan, pecahan, atau kepingan material yang juga biasanya dari benda bekas dapat langsung ditempelkan menjadi bagian dari obyek yang akan digambarkan.

(Update berita pendidikan lainnya disini)

Apa itu Sumur Neraka Yaman ? Dianggap Mengerikan Masyarakat ! Dikenal sebagai Penjara Para Jin

Umumnya kolase menggunakan potongan kertas, namun bahan lainnya juga bisa dimanfaatkan, seperti halaman majalah, halaman koran, pita, potongan kain, dan foto.

Kolase juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk membuat karya seni rupa.

Karya seni <a href='https://pontianak.tribunnews.com/tag/kolase' title='kolase'>kolase</a>

Karya seni kolase. (Buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) oleh Sofyan Salam)

Cara membuat kolase

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved