Breaking News:

Bupati Muda Harap Ada Kolaborasi HIPMI dan Pemerintah

Menurut Bupati Muda, HIPMI harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada serta bisa menjadi mitra produktif bagi pemerintah.

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Hadi Sudirmansyah
Bupati Muda Mahendrawan saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kubu Raya masa bakti 2021-2024 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengharapkan adanta kolaborasi antara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kubu Raya dan Pemerintah.

Selain itu dirinya berharap HIPMI Kubu Raya mampu menjadi organisasi aktif yang mempunyai kontribusi nyata dalam proses pembangunan daerah di Kabupaten Kubu Raya Terutama di masa pandemi ini.

Menurut Bupati Muda, HIPMI harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada serta bisa menjadi mitra produktif bagi pemerintah.

“Di masa pandemi ini, HIPMI Kubu Raya harus mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan kondisi yang memiliki daya saing. Daya saing ini harus muncul dari SDM HIPMI itu sendiri, yang mana pelaku usahanya harus tangguh, berkarakter dan kokoh,” kata Bupati Muda Mahendrawan saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kubu Raya masa bakti 2021-2024, pada berapa waktu lalu di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya.

BPN Kubu Raya Sertifikatkan 85 Ribu Tanah

Lebih lanjut Muda mengatakan selama ini Pemerintah Kubu Raya sudah berupaya memperkuat pelayanan publik dari sisi perizinan, pelayanan legalitas dan juga infrastruktur, yang mana semua itu dari hulu sampai hilirnya bisa memperkuat usaha-usaha ekonomi masyarakat.

Menurutnya, investasi akan datang sendiri apabila daerah ramah dengan pola-pola perizinan bagi pelaku usaha. Maka Muda berharap, HIPMI benar-benar bisa menjadi mitra produktif, memberikan nilai tambah serta mau bermitra dengan desa.

“Komoditi-komoditi yang ada di desa tentunya memerlukan pasar, di tengah pandemi saat ini justru harus memperkuat produk-produk pangan daerah, mulai dari padi, jagung, kopi, kelapa, maupun produk unggulan daerah yang bisa diolah, termasuk dari sumber perikanan dan perkebunan. Dengan cara inilah kita bisa memperkuat ekonomi di Kubu Raya, termasuk di Kalbar maupun di Indonesia,” tuturnya.

Maka Bupati Muda berharap adanya kepengurusan HIPMI ini jangan hanya sekedar gagah-gagahan, namun action (tindakan) yang konkret dan langsung mendarat, menyentuh masyarakat.

“Jangan terlalu banyak agenda ceremony dan webinar, tetapi harus lebih banyak action ke desa-desa. Apalagi teman-teman HIPMI ini banyak yang menjadi anggota DPRD, tentunya sudah mengenal wilayah Kubu Raya, termasuk desa dan lokasi serta komoditi apa saja yang bisa dikembangkan,” ujarnya.

Bupati Muda memberikan apresiasi kegiatan pelantikan ini, karena peran HIPMI dalam menggerakan sektor ekonomi di masa pandemi sangat diperlukan. Selain itu invoasi, relasi dan kolaborasi HIPMI dan pemerintah daerah juga dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dan peluang demi terwujudnya kemajuan perekonomian Kabupaten Kubu Raya.

“Saya berharap HIPMI Kubu Raya terus kedepankan entreprenuership dan perbanyak action untuk memperkuat literasi digital, sehingga masyarakat bisa mengakses digital market dengan lebih mudah, untuk memanfaatan pangan lokal yang dapat diolah menjadi produk siap ekspor dengan kualifikasi yang memadai,” pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kubu Raya)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved