Breaking News:

Putra Kalbar Gugur di Papua

Anggota DPR RI Harap Pemerintah Berikan Apresiasi Kepada Keluarga Prajurit TNI yang Gugur

Dua putra Kalbar yang gugur sebagai prajurit TNI saat bertugas atasnama negara itu, Putra Indonesia terbaik, Pemerintah wajib memberikan apresiasi

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Hadi Sudirmansyah
Anggota DPR RI Dr Adrianus Asia Sidot bersama Istri 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gugurnya Praka Anumerta Ida Bagus Putu Prajurit TNI AD putra daerah kabupaten Landak ini saat bertempur menuai simpatik dari berbagai kalangan untuk memberikan rasa duka cita kepada Prajurit TNI AD yang besar di kota Ngabang ini.

Bahkan Anggota DPR RI DR Adrianus Asia Sidot sebut Praka Anumerta Ida Bagus Putu sebut bukan hanya sekedar putra daerah asal Landak dan Kalbar saja, tapi Putra Indonesia yang terbaik.

"Dua putra Kalbar yang gugur sebagai prajurit TNI saat bertugas atasnama negara itu, Putra Indonesia terbaik, Pemerintah wajib memberikan apresiasi dan penghargaan untuk mereka berdua,"ujar Dr Adrianus Asia Sidot Legislator Partai Golkar pada Rabu 22 September 2021.

Dikatannya lagi, apresiasi yang di berikan dari Pemerintah terhadap prajurit TNI AD yang gugur saat menjaga pertahanan NKRI bukan hanya sekedar tali asih dan mengebumikannya di Taman Makam Pahlawan saja, karena hal tersebut sudah menjadi hak mereka selaku prajurit TNI yang gugur di Medan perang.

"Saya selaku anggota DPR RI berharap, perhatian dari Pemerintah kepada keluarga dari prajurit TNI yang gugur, mungkin dari saudara kandungnya bisa di berikan kesempatan juga untuk mengabdikan diri menjadi prajurit TNI, agar bisa meneruskan cita-cita dan perjuangan saudaranya yang gugur saat bertugas,"kata Mantan Bupati Landak dua Periode ini.

Anaknya Gugur Tugas di Papua, Ida Bagus Ketut Sutelsa : Saya Ikhlas Anak Saya Untuk Negara

Menurutnya, bukan tidak mungkin jika saudara sekandung dari prajurit TNI yang gugur itu juga mengalir darah dan semangat yang sama untuk mengabdikan diri menjadi abdi Negara, terlebih mengetahui kalau saudara itu gugur saat bertugas menjaga pertahanan negara melawan Kelompok Separatis Teroris (KST).

Anggota DPR RI Dr Adrianus mengatakan memberikan kesempatan dan skala prioritas kepada keluarga atau saudara dari Prajurit TNI yang gugur untuk turut menjadi prajurit atau lainnya itu merupakan bentuk apresiasi yang tinggi kepada jasa-jasa mereka yang gugur di Medan tempur.

"Selain itu saya atas nama lembaga dan juga putra daerah kabupaten Landak, mengucapkan turut berbela sungkawa kepada keluarga besar Praka Anumerta Ida Bagus Putu, dan keluarga yang di tinggalkan dapat di berikan ketabahan,"pungkasnya.

Seperti di ketahui Pratu Ida Bagus Putu yakni Prajurit TNI AD Putra daerah Kalimantan Barat gugur saat menjalankan tugas pada Selasa 21 September 2021 Pukul 06.53 WIT di Kiwirok Distrik Kabupaten Bintang Provinsi Papua.

Prajurit TNI AD kelahiran Pontianak asal Dusun Tungkul desa Hilir kantor Kec Ngabang Kabupaten Landak ini di ketahui bernama Ida Bagus Putu S (23) dengan pangkat Prajurit Satu (Pratu)

Almarhum Pratu Ida Bagus Putu ini tercatat prajurit TNI AD di satuan Tabakpan 3 RO 1 ton II Kipan B Yonif Mekanis 403/ Wirasada Pratista di Yogyakarta yakni jajaran Korem 072/Pamungkas Kodam IV/Diponegoro

Dan almarhum Pratu Ida Bagus Putu ini gugur saat bertugas bersama 5 org Personel Pos ketika menjalankan tugas Pengamanan Helly ketika akan mengevakuasi tenaga kesehatan yang jadi korban penganiayaan KST

Informasi di peroleh, almarhum Ida Bagus Putu gugur akibat luka tembak, ketika mendapatkan serangan dari OTK dari arah selatan Pos sekitar pukul 06.30 WIT.

Komandan Kodim (Dandim) 1201 Mempawah Letkol Inf Dwi Agung Prihanto saat di konfirmasi Tribun Pontianak pada Selasa 21September 2021 membenarkan almarhum Pratu Ida Bagus Putu membenarkan prajurit TNI AD yang berasal dari Ngabang Kab Landak yang merupakan wilayah teritorial kodim 1201 / Mempawah dan di rencanakan pada Rabu 22 September 2021 jenazahnya akan tiba di Bandara Internasional Supadio Pontianak pada pukul 17.00 WIB dan Hari Kamis 23 September 2021 akan di kebumikan di TMP kota Ngabang secara militer. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved