Breaking News:

Pengusaha Walet Kalbar Apresiasi Pemerintah Pusat Perluas Pasar Walet di Internasional

prospek Sarang Burung Walet di Indonesia sangatlah baik, terlebih sarang burung walet asal pulau Kalimantan, yang sudah sangat dikenal kualitasnya

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto
GM PT. Faicheung Birdnest Industry Eddy Lyanto (kemeja putih). Tribun Pontianak Ferryanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Menteri Pertanian Republik Indonenesia Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meninjau perusahaan pencucian sarang burung walet di PT. Borneo Walet Lestari di jalan Wan Sagaf Pontianak, Sabtu 11 september 2021 sore.

Dari Data Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar di kalbar, terdapat 4 unit pencucian sarang burung walet yang sudah memiliki NKV, yakni PT. Faicheung Birdnest Industry, PT. Bao Yan Tang, , PT Sakura Walet Kalimantan, dan PT. Borneo Walet lestari, dengan total produksi 5.160 kg.

Setiap tahun PT. Faicheung Birdnest Industry mampu memproduksi sebanyak 1.200 Kg sarang burung walet, PT. Bao Yan Tang memproduksi 1.800 sarang burung walet, PT Sakura Walet Kalimantan memproduksi 960 Kg, dan PT. Borneo Walet lestari memproduksi sebanyak 1.200 sarang burung walet.

GM PT. Faicheung Birdnest Industry Eddy Lyanto menyampaikan, saat ini pemerintah sudah sangat mendukung usaha sarang burung walet, saat ini hanya tinggal bagaimana komitmen dari para pelaku usaha menjaga standar kualitas produk ke negara tujuan.

Tinjau Pencucian Sarang Walet di Pontianak, Menteri Pertanian RI : Kita Harap Ini Bisa Maksimal

Ia menjelaskan, prospek Sarang Burung Walet di Indonesia sangatlah baik, terlebih sarang burung walet asal pulau Kalimantan, yang sudah sangat dikenal kualitasnya di mancanegara.

''sarang burung walet ini memiliki nilai velue yang tinggi, namun saya melihat itu karena faktor alam juga, dan pulau Kalimatan menjadi populasi terbesar sarang burung walet dibanding pulau lain, ini secara geografi di untungkan juga,''ujarnya.

Saat ini Cina merupakan pasar terbesar dari Sarang Burung Walet, namun memang pemerintah Cina menerapkan standar kualitas yang sangat tinggi terhadap Sarang Burung walet yang masuk kenegeranya, oleh sebab itu pihaknya sangat menyambut baik adanya upaya pemerintah untuk mendorong pasar - pasar di negara lain sebagai negara tujuan ekspor dari Sarang Burung walet asal Indonesia. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved