Breaking News:

Update Cuaca dari BMKG, Warga Kota Pontianak Perlu Waspada Angin Kencang Disertai Hujan

Dikatakannya, untuk hujan intensitas lebat diprakirakan akan terjadi pada periode tanggal 10 – 12 September 2021.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
BMKG KALBAR
Prakiraan Cuaca Wilayah Kalbar Pontianak 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Sutikno menyampaikan, bahwa diprakirakan kondisi sekitar Kota Pontianak hari ini dan seminggu ke depan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Dikatakannya, untuk hujan intensitas lebat diprakirakan akan terjadi pada periode tanggal 10 – 12 September 2021.

"Saat ini terdapat banyak pusat tekanan udara rendah di sebelah utara wilayah Indonesia. Dampak tidak langsung yang terjadi di wilayah sekitar Kota Pontianak adalah hujan yang terjadi di Kota Pontianak hari ini dan besok diprakirakan tidak lebat. Namun demikian perlu diwaspadai angin kencang yang menyertai hujan yang terjadi pada siang hingga sore hari," ujarnya, Rabu 8 September 2021.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa pasang air laut saat ini juga sedang pada fase tidak tinggi. Akan tetapi, diprakirakan akan ada fase tinggi lagi pada periode 17 – 20 September 2021.

Antisipasi Bencana Alam, BPDB Kota Pontianak Kedepankan Kesiapsiagaan

"Berdasarkan catatan klimatologis data curah hujan di Kota Pontianak sejak tahun 2007 hingga saat ini tercatat belum pernah terjadi curah hujan di atas 100 mm/hari. Catatan pasang air laut juga dominan tidak tinggi ketika bulan September," paparnya.

"Karena tanggal 10 – 12 September 2021 yang diprakirakan terjadi hujan lebat tersebut pada periode bukan pasang tinggi, semoga jikapun terjadi genangan, tidak akan cukup mengganggu," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved