Breaking News:

Antisipasi Bencana Alam, BPDB Kota Pontianak Kedepankan Kesiapsiagaan

"Jangan sampai ada aliran listrik yang terbuka, jangan membuang sampah sembarangan di parit maupun Sungai," pungkasnya.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Riski Farisal
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Haryadi Triwibowo menyampaikan, pihaknya dalam menagangi penanggulangan bencana mengedepankan kesiapsiagaan.

Kesiapsiagaan tersebut, diantaranya adalah dengan memberikan informasi kepada masyarakat tentang update cuaca beberapa hari kedepan, baik mulai dari curah hujan, air pasang maupun tentang cuaca ekstrem lainnya.

"Kemudian menyiapkan evakuasi. Akan tetapi yang terpenting adalah mensosialisasikan dan menginformasikan kepada masyarakat setiap saat tentang waspada cucaa ekerem," ujarnya.

Dalam hal mengantisipasi dan menanggulangi bencana, Haryadi juga menerangkan, bahwa BPBD Kota Pontianak bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti TNI, Polri, Basarnas, Camat, Lurah dan para relawan serta masyarakat yang dilengkapi dengan peralatan.

Pontianak Dapat Bantuan Penanggulangan Banjir dari Bank Dunia, Ini Penjelasan Haryadi S Triwibowo

Langkah antisipasi yang dilakukan agar bisa siaga dan tidak terjadi bencana alam yang parah, seperti banjir yang sudah terjadi di beberapa kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.

Maka kita tetap siaga 24 jam bersama TNI-Polri, camat, Lurah, Basarnas, relawan dan masyarakat agar sehingga jangan sampai terjadi bencana yang alam yang parah, karena nanti kalau sudah terjadi banjir sudah parah seperti di Melawi, maka akan kebingungan untuk mengatasinya. Maka kita tetap terus siaga 24 jam," ujarnya.

Kemudian, ia menerangkan bahwa saat ini Kota Pontianak masih ditetapkan sebagai status siaga.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kota Pontianak agar tetap waspada.

"Jangan sampai ada aliran listrik yang terbuka, jangan membuang sampah sembarangan di parit maupun Sungai," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved