Breaking News:

Koperasi Bung Topui Jagoi Babang Bertahan Dimasa Pandemi Covid-19

Pasalnya, selama ini (sebelum masa pandemi Covid-19) hasil kerajinan tangan masyarakat di Kecamatan Jagoi tergabung pada Koperasi Bong Topui melakukan

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kunjungan Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis bersama Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal dan rombongan, beberapa waktu lalu di Koperasi Bung Topui (pusat perajin), Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Minggu 5 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Ketua Koperasi Bung Topui (pusat perajin), Kecamatan Jagoi Babang, Ahau Kandoh mengungkapkan pandemi Covid-19 saat ini membuat pemasaran mengalami kendala, sebab tidak bisa menembus ke pasar luar negeri.

Pasalnya, selama ini (sebelum masa pandemi Covid-19) hasil kerajinan tangan masyarakat di Kecamatan Jagoi tergabung pada Koperasi Bong Topui melakukan pemasaran dengan menjual ke negara Malaysia. Akses yang dekat juga, nilai jual yang tinggi.

"Selama Pandemi, memang kita mengalami kesulitan untuk masuk lagi ke negeri seberang, karena berbagai peraturan untuk mencegah penyebaran Covid-19," ucapnya, Minggu 5 September 2021.

Geliat UMKM Bengkayang, Heru Harap Perlu Sinergi Bersama Hadapi Pandemi Covid-19

Bukan hanya kendala pemasaran saat ini, kendala lain juga pada penyediaan bahan baku pembuatan kerajian tersebut karena kerajian ini bergantung pada bahan baku juga.

"Tetapi kita sekarang, melalui anggota juga sudah mulai berupaya menanam rotan dan kedepan berharap Pemerintah Daerah melalui Dinas yang ada dapat mensupport baik dari sisi bahan baku," terang Ahau.

"Proses pemasaran, dan juga akses izin ekspor impor. Sehingga ketika PLBN Jagoi Babang beroperasi juga mendapatkan kemudahan selain diberikan ruang di Pasar Tradisional PLBN Jagoi Babang," tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya meyampaikan, pandemi saat ini cukup berdampak terjadap produksi kerajinan ini, namun atas dukungan dari berbagai pihak saat ini masih dan tetap bertahan.

"Mudah-mudahan kedepan dapat kembali menggeliat bergerak kembali," pungkasnya. (*)

Update Informasi Seputar Kabupaten Bengkayang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved