Breaking News:

Penyebab Bau Badan Tak Sedap Bukan Karena Keringat, Tapi Kesehatan Tubuh dan Juga?

Faktanya, keringat manusia hampir tidak berbau. Bau badan muncul karena adanya bakteri pada kulit yang memecah molekul protein dalam keringat dan meng

Penulis: Maudy Asri Gita Utami | Editor: Maudy Asri Gita Utami
Shutterstock
Ilustrasi- Berkeringat biasanya dimulai saat orang tersebut bangun di pagi hari, sedangkan berkeringat sepanjang malam bukanlah hal yang normal. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Tubuh kita bisa menghasilkan keringat yang berlebih jika sedang melakukan olahraga. 

Sereing terjadi, biang keringat bisa menyebabkan bau badan juga tidak loh. 

Bau badan adalah masalah yang cukup umum dan dialami banyak orang. Ini disebabkan oleh proses bakteri dalam keringat dan bukan karena keringat itu sendiri.

Faktanya, keringat manusia hampir tidak berbau. Bau badan muncul karena adanya bakteri pada kulit yang memecah molekul protein dalam keringat dan menghasilkan bau.

6 Tips Menghilangkan Bau Badan

Dilansir Medical News Today, kulit seseorang mengandung kelenjar keringat ekrin dan apokrin.

Kelenjar apokrin berfungsi saat pubertas dan berhubungan dengan folikel rambut di ketiak dan selangkangan.

Kelenjar ini menghasilkan keringat kental yang kaya protein dan awalnya tidak berbau, namun ketika bakteri memecah banyak protein, mereka akan menghasilkan molekul bau dalam konsentrasi yang lebih besar hingga menimbulkan bau badan.

Sebaliknya, kelenjar keringat ekrin sebagian besar mengatur suhu tubuh melalui keringat dan tidak terlalu terkait dengan bau badan.

Bau badan paling sering muncul di area kaki, selangkangan, ketiak, alat kelamin, rambut kemaluan, pusar, anus, dan belakang telinga.

Meski akar penyebabnya sering kali adalah kebiasaan kebersihan, bau badan tidak sedap juga bisa menjadi indikasi kondisi yang lebih serius.

Tips Menghilangkan Bau Badan ! Lakukan 6 Cara Menghilangkan Bau Badan Berikut Ini

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved