Breaking News:

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Persembahkan Misa Perayaan Hidup Membiara Bruder MTB

Ada enam Bruder yang merayakan kaul, tiga bruder menerima kaul kekal, dan empat bruder menerima kaul pertama.

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Stefanus Akim
IST/Komisi Komsos Keuskupan Agung Pontianak
MISA Kaul para Bruder MTB, Keuskupan Agung Pontianak dipimpin Mgr Agustinus Agus sebagai konselebran utama, Sabtu 15 Agustus 2021. 

CITIZEN REPORTER
Oleh: Samuel | Staf Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Pontianak (KAP)

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Perayaan Misa Kaul para Bruder MTB, Keuskupan Agung Pontianak dipimpin Mgr Agustinus Agus sebagai konselebran utama, Sabtu 15 Agustus 2021. Mgr Agustinus didimpingi RD Alexius Alex dan RP Pius Barces, CP, serta dihadiri pula oleh 5 imam lainnya. Misa digelar pukul 09.00 WIB di Gereja Katolik Santo Yoseph Katedral Pontianak.

Ada enam Bruder yang merayakan kaul, tiga bruder menerima kaul kekal, dan empat bruder junior yang memperhabarui kaul.

Sekitar 30 bruder MTB atau Maria Tak Bernoda tampak terlibat dan mendampingi para saudaranya yang berpesta. Sejumlah tamu undangan terbatas dari kaum biarawan dan keluarga dari yang menerima kaul terlibat dalam misa perayaan syukur untuk hidup membiara dan penerimaan kaul kekal.

Pemimpin Umum Bruder Donatus Rafael MTB mengungkapkan perayaan syukur itu merupakan perayaan syukur atas kebaikan Tuhan yang telah Kongregasi Bruder Maria Tak Bernoda alias MTB terima menjelang 100 tahun Kongregasi.

Bruder Donatus Rafael MTB juga mengisahkan banyak perjuangannya baik segi pembangunan maupun tindakan kemanusiaan dari Bruder Alexandro MTB dimana tepat pula merayakan 65 tahun hidup membiara. Br Alexandro MTB tersebut merupakan seorang Bruder MTB Belanda sekaligus misionaris MTB yang terakhir di Indonesia.

Sejumlah saudara yang turut merayakan perayaan syukur atas tahun hidup membiara di antaranya ada Br Berardus Duwin MTB (60 tahun), Br Rufinus Leo MTB (50 tahun), Br Albert Sugeng MTB (40 tahun), Br Valentinus MTB ( 25 tahun) dan Br Yohanes de Deo MTB (25 tahun).

PARA anggota kongregasi Bruder MTB bersama Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus dan Pemimpin Umum Bruder Donatus Rafael MTB.
PARA anggota kongregasi Bruder MTB bersama Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus dan Pemimpin Umum Bruder Donatus Rafael MTB. (IST/Komisi Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Sementara yang menerima kaul kekal di antaranya ada Br Bonifasius MTB mengambil motto, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku" (Filipi 4: 13).

Sedangkan Br Ferdianus Jelahu MTB dengan motto, "Pencobaan yang kamu alami adalah pencobaan biasa. Ia tetap setia dan memberikan jalan keluar pada waktu kamu dicobai sehingga kamu dapat menanggungnya" (bdk. 1Kor 10:13).

Selanjutnya ada Br Maksimus Wari MTB, "Aku telah mati untuk hidupmu, cukup hidupmu untuk AKU" (bdk. Rm 5:8).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved