Breaking News:

Polemik Rangkap Jabatan Rektor UI, Diharapkan Tak Terjadi Pada Kampus-kampus di Kalbar

"Jangan sampai lah para akademisi kita di Kalimantan Barat yang sudah punya jabatan struktural dikampus dibutakan dengan jabatan di eksternal kampus.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Forum Koordinasi BEM Kalbar, Ansaruddin. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Forum Koordinasi BEM Kalbar, Ansaruddin berharap kejadian di rektor rangkap jabatan di Universitas Indonesia (UI) tidak terjadi di kampus-kampus yang ada di Kalbar.

Ansaruddin berharap agar para rektor, dekan ataupun pejabat dikampus-kampus yang ada di Kalbar dapat fokus bekerja untuk mencetak lulusan terbaik.

Termasuk pula, agar para pejabat kampus-kampus yang ada di Kalbar tidak turut langsung dalam politik praktis.

"Kita ketahui, aturan tentang rangkap jabatan itu memang sudah jelas tidak di perbolehkan untuk rangkap jabatan. Apalagi rangkap jabatan BUMN/BUMD. Yang ditakutkan juga nanti ada konflik of interest disana, maka kita harapan hal yang terjadi di kampus UI tidak terjadi di Kalbar," katanya, Kamis 29 Juli 2021.

Seharusnya, kata Ansaruddin, kampus bisa berada ditengah-tengah masyarakat dan pemerintah, sehingga bisa jadi mitra kritisnya pemerintah.

"Jangan sampai lah para akademisi kita di Kalimantan Barat yang sudah punya jabatan struktural dikampus dibutakan dengan jabatan di eksternal kampus. Karena jangan sampai dunia akademis dicampur adukkan dengan nuansa politis yang merusak marwah kampus itu sendiri," tuturnya.

IKIP Pontianak Apresiasi Pemkab Mempawah yang Telah Mendukung Program Magang dan KKM di Mempawah

Untuk itu, ia mengajak Badan Eksekutif Mahasiswa di seluruh Kalimantan Barat untuk menjadi agen of control untuk kampus masing-masing.

Hal ini, kata dia, demi menjaga kebebasan akademik dikampus agar tidak disusupi kepentingan-kepentingan lain.

"Satu diantara usaha yang bisa kawan-kawan BEM lakukan ialah secara continue tentunya bisa melakukan evaluasi kinerja pejabat struktural dikampus masing-masing," katanya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved