Breaking News:

Syarat Penerima BLT Gaji Karyawan Tahun 2021 Rp 1 Juta

Selain itu, Ida mengatakan, ia telah mengusulkan penerima subsidi upah hanya pekerja yang bekerja di wilayah PPKM level 4.

Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Beberapa persyaratan BSU Karyawan 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Karyawan swasta bergaji dibawah Rp 3,5 juta yang memenuhi syarat bakal mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari Pemerintah.

Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah yang akan melanjutkan program BLT gaji karyawan atau BSU di tahun 2021.

Kendati demikian dari besara dana yang akan diterima berkurang dari program sebelumnya. Selain itu ada beberapa perysaratan baru yang ditetapkan pemerintah.

HORE Saldo BLT BPJS Cair Lagi, Cek Besaran Subsidi Gaji PPKM Level 4 dan Info Pencairan BSU Karyawan

Namun yang pastinya karyawan bersangkutan terdaftar di BPJS Ketenaga Kerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah saat ini sedang membuat payung hukum berupa Peraturan Menteri Ketenagakerjaan untuk menyalurkan bansos yang ditujukan bagi pekerja tersebut.

"Nanti subsidi upah ini payung hukumnya akan kami buat dalam Permenaker di mana kami mengusulkan bahwa bantuan pemerintah merupakan program stimulus yang kami koordinasikan dengan Komite PEN, Kemenkeu, dan BPJS Ketenagakerjaan," jelas Ida ketika melakukan konferensi pers, Rabu 21 Juli 2021

Ida menjelaskan, syarat pekerja dapat subsidi gaji yakni Warga Nergara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan NIK, terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan dan dibutkikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai dengan Juni 2021.

PENGGANTI BSU Termin Ketiga 2021 Segera Dibuka, Syaratnya Hanya KTP dan KK Dapat Bantuan Rp 3,5 Juta

Selain itu, syarat lain yakni upah pekerja di bawah Rp 3,5 juta sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan.

"Dalam hal ini pekerja di wilayah PPKM yang UMKnya di atas Rp 3,5 juta, maka menggunakan UMK sebagai batas kriteria upah," jelas Ida.

Selain itu, Ida mengatakan, ia telah mengusulkan penerima subsidi upah hanya pekerja yang bekerja di wilayah PPKM level 4.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved