Breaking News:

TERBARU! Cegah Reinfeksi Covid-19, Penyitas Covid Tak Perlu Menunggu 3 Bulan untuk Vaksin

Vaksinasi Covid-19 sangat penting dalam melindungi diri dari paparan Covid-19. Lantas, apakah penyintas Covid-19 harus menunggu beberapa bulan?

Editor: Maudy Asri Gita Utami
https://www.idxchannel.com/
Berkaitan dengan rekomendasi ini, epidemiolog dari Universitas Griffith, Australia Dicky Budiman angkat bicara dan meluruskan bagi penyitas covid-19. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Penyitas Covid-19 adalah orang yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 namun bisa terpapar kembali atau kedua kalinya. 

Langkah untuk memutus mata rantai Covid-19 ialah dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat terhadap diri dan lingkungan sekitar. 

Namun, virus bisa datang dari mana saja tanpa kita ketahui, jika sudah terjadi dan terpapar covid-19, ada baiknya untuk memastikan diri melalui tes antigen ataupun swab PCR dan melakukan isolasi mandiri jika kondisi masih terlihat fit. 

Langkah selanjutnya yang diperlukan ialah dengan melakukan vaksinansi guna meringankan gejala covid-19 pada tubuh kita.

Vaksinasi Covid-19 sangat penting dalam melindungi diri dari paparan Covid-19. Lantas, apakah penyintas Covid-19 harus menunggu beberapa bulan sebelum disuntik?

[Update Informasi Lainnya Disini]

INFEKSI Harian Covid-19 di Indonesia Meroket, Jepang Bersiap Evakuasi Warganya

Berdasarkan rekomendasi terbaru dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI), penyintas Covid-19 dapat diberikan vaksin. Namun, dengan catatan, sudah sembuh minimal 3 bulan dari infeksi virus Corona.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultas Alergi Imunologi juga Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia, Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI mengatakan kebijakan penyintas Covid-19 harus menunggu 3 bulan untuk vaksin sebagai langkah pemerataan vaksinasi.

Dengan begitu diharapkan kekebalan kelompok (herd immunity) dapat segera tercapai.

"Karena itu, dianggap 3 bulan dulu, (antibodi) sudah mulai menurun baru dia vaksinasi supaya yang lain bisa kebagian. Sementara penyintas kan masih punya imunitas yang alamiah," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved