Tips Kesehatan

Mengenal Sejarah Penemuan Obat Bakteri Yakni Ivermectin Asal Jepang, Dipercaya Sebagai Obat Covid-19

Obat ini merupakan turunan dari dihidro dari avermectin, yang berasal dari mikroorganisme tunggal yang diisolasi di Institut Kitasato, Tokyo, Jepang.

SHUTTERSTOCK
Ivermectin, obat yang disebut bisa untuk terapi penyembuhan Covid-19. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Obat ivermectin memang menjadi polemik bagi masyarakat saat ini karena dianggap sebagai obat Covid-19. 

Di balik polemik ivermectin sebagai obat Covid-19, ternyata obat antiparasit ini memiliki sejarah yang panjang hingga dijuluki sebagai obat ajaib dari Jepang yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan miliaran orang di dunia.

Pro dan kontra penggunaan ivermectin sebagai obat Covid-19 yang diyakini dapat menurunkan keparahan dan potensi kematian akibat Covid-19, ivermectin menjadi salah satu penemuan hebat di abad 20.

Seperti dikutip dari jurnal Pubmed, Jumat 9 Juli 2021, sejarah ivermectin ditemukan pertama kali pada akhir tahun 1970-an.

Obat ini merupakan turunan dari dihidro dari avermectin, yang berasal dari mikroorganisme tunggal yang diisolasi di Institut Kitasato, Tokyo, Jepang.

[Update Informasi Lainnya Disini]

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM Sebut Ivermectin Adalah Obat Keras, Berikan Efek Samping Covid-19

Awalnya, obat ivermectin diperkenalkan sebagai obat hewan. Obat cacing tersebut dapat membunuh berbagai parasit internal dan eksternal pada ternak komersial, serta hewan pendamping.

Sejarah ditemukannya obat ivermectin yang berasal dari isolasi bakteri tanah dari Jepang ini menjadi senjata ideal dan dianggap sebagai "obat ajaib" yang berperan penting dalam memerangi dua penyakit paling merusak di dunia.

Bahkan, penyakit-penyakit ini telah menjangkiti orang miskin di dunia, terutama di seluruh daerah tropis, selama berabad-abad.

Ivermectin adalah penemuan yang mengubah dunia yang ditemukan oleh Satoshi Omura, seorang ahli mikrobiologi Jepang.

Seperti dilansir dari Britannica, Omura dikenal sebagai penemu produk alami dari bakteri tanah dan penemuannya yang paling penting adalah bakteri Streptomyces avermitilis, dari senyawa anthelmintik avermectin yang diisolasi.

Apa itu Ivermectin ? Ivermectin 12 Mg Obat Apa ? Erick Thohir Sebut Obat Covid-19 Buatan Indofarma

Senyawa turunan dari avermectin, kemudian dikenal sebagai ivermectin menjadi obat cacing utama yang digunakan dalam pengendalian penyakit parasit tertentu pada manusia dan hewan.

Sejarah penemuan ivermectin ini pertama kali berawal pada pertengahan tahun 1960-an.

Obat ajaib tersebut berasal dari studi Omura terhadap bakteri tanah yang ada di Jepang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved