Breaking News:

Ngampa’ Tatama Dayak Kanayatn Cegah Covid

Ngampa’ diyakini secara tradisional dalam masyarakat Dayak Kanayatn, salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit yang berhubungan den THT.

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Stefanus Akim
Twitter Kementan RI
SIRIH GADING - Tanaman menghasilkan udara segar jenis Sirih Gading. 

CITIZEN REPORTER
Oleh: Vincentius Julivin | Aktivis Pemberdayaan Masyarakat Adat

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kita sudah mengenal tradisi menyirih, (sudah masuk dalam serapan Bahasa Indonesia) yaitu mengunyah bahan-bahan bersirih seperti daun sirih, pinang, gambir, kapur.

Ada yang menambahkan cengkih. Ada lagi yang menambahkan dengan tembakau atau disebut menyugi. Menyugi biasanya dimaksudkan untuk membersihkan gigi usai nyirih.

Dalam komunitas Dayak Kanayatn disebut ngampa’. Ngampa’ adalah kegiatan mengunyah yang konotasinya untuk obat, atau dalam bahasa Dayak Kanayatn disebut tatama yaitu ramuan herbal untuk menjaga kesehatan atau penyembuhan penyakit tertentu.

Dalam mitologi Dayak Kanayatn, warna liur memerah yang ada dalam mulut si Pangampa’ (sebutan orang yang ngampa’) diyakini dapat menakuti aneka jenis hantu penunggu tempat-tempat tertentu, saat berpapasan.

sirih merah
sirih merah (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MAUDY ASRI GITA UTAMI)

Ngampa’ diyakini secara tradisional dalam masyarakat Dayak Kanayatn adalah salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit-penyakit yang berhubungan dengan telinga, hidung dan tenggorokan (THT).

Orang yang ngampa’ umumnya terhindar dari sakit flu, pilek, batuk berdahak, cacingan, maag atau gangguan lambung, dan usus lainnya. Teratur ngampa’ biasanya badannya langsing.

Tidak mengherankan bagi yang teratur ngampa’ maka hampir bisa dipastikan penyakit yang berhubungan dengan telinga, hidung dan tenggorokan jarang menjadi keluhan mereka.

Boleh diamati, di kampung-kampung, adakah pangampa’ terpapar Covid-19?

* Penulis adalah: Aktivis Pemberdayaan Masyarakat & Ekonomi Kerakyatan di Kalbar

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved