Breaking News:

Jangan Instal 9 Aplikasi Ini Smartphone Android Anda, Bisa Curi Password Facebook

Jangan instal 9 aplikasi di smartphone Android anda jika tidak ingin data pribadi dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Editor: Rizky Zulham
NET
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Jangan instal 9 aplikasi di smartphone Android anda jika tidak ingin data pribadi dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Kali ini, pengembang aplikasi antivirus Dr. Web mengklaim ada sembilan aplikasi Android yang diduga telah disusupi oleh program berbahaya (malware) jenis trojan yang bisa mencuri informasi kredensial atau kata sandi (password) akun Facebook.

Menurut Dr. Web, aplikasi-aplikasi yang diklaim telah diunduh lebih dari lima juta kali tersebut sebenarnya berjalan normal, namun dengan fitur terbatas.

Konon, jika ingin menggunakan fitur-fitur ekstra lainnya atau menghilangkan iklan, pengguna harus masuk (login) menggunakan akun Facebook mereka terlebih dahulu.

Cara Download Marvel Future Revolution di Smartphone Andorid Lewat Aplikasi TapTap hingga VPN

Laman login Facebook yang muncul sendiri terlihat normal dan meyakinkan, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Namun, ternyata ada proses pencurian data yang berjalan di baliknya.

Berdasarkan laporan Dr. Web, para oknum ini menyematkan sejumlah kode khusus yang bisa mengumpulkan informasi kredensial yang dimasukkan pengguna, termasuk username dan password Facebook.

Kemudian, informasi tersebut bakal dikirimkan ke server peretas (hacker) dan bakal disimpan di sana.

Tidak hanya informasi kredensial, para hacker ini juga bakal menerima data-data lainnya, seperti riwayat pencarian atau penelusuran (cookies) Facebook yang sedang aktif dan belum di-logout.

Dr. Web melanjutkan, para peretas ini juga bisa saja mencuri password dari layanan lainnya, apabila laman Facebook tadi diubah dengan laman login palsu dari layanan internet lainnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved