Breaking News:

Minta Diprioritaskan, Edi Harap Pemerintah Pusat Segera Realisasikan Duplikasi Jembatan Kapuas I

Pentingnya kehadiran duplikasi jembatan Kapuas I ini, kata Edi, merupakan jalan keluar untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebu

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Prokopim Pemkot Pontianak
Jembatan Landak yang telah dibangun duplikasinya dan mengurai kemacetan lalu lintas di wilayah Timur dan Utara. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah menjanjikan untuk menjadikan pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I menjadi skala prioritas.

Untuk itu, ia berharap agar pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I yang terletak di Jalan Sultan Hamid II Kecamatan Pontianak Timur-Pontianak Selatan Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Bahkan untuk mempercepat realisasi pembangunan duplikasi jembatan Kapuas 1 ini juga diperlukan dukungan politis dari anggota DPR RI terutama Komisi V.

"Dari jumlah total warga Kota Pontianak, kalau disurvei 99 persen setuju ada duplikasi jembatan Kapuas I, karena wilayah ini macet, krodit, kumuh dan keselamatan Jembatan Kapuas I ini sudah seharusnya dipertanyakan karena pernah ditabrak ponton tiga sampai empat kali sampai ke pondasi," ungkap Edi Rusdi Kamtono, Sabtu 3 Juli 2021.

Pentingnya kehadiran duplikasi jembatan Kapuas I ini, kata Edi, merupakan jalan keluar untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

Warga Pontianak Utara Harap Pembangunan Jembatan Menggunakan Kontruksi Lebih Baik dan Kuat

Edi memastikan, bahwa saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak sudah melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I tersebut.

"Karena kondisi arus lalu lintas yang melintasi kawasan di sana sering terjadi kemacetan. Saya berharap pemerintah pusat bisa mengerjakannya tahun ini, saya terus berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan," ujarnya.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengharapkan pemerintah pusat segera membangun duplikasi Jembatan Kapuas I untuk mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan itu.
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengharapkan pemerintah pusat segera membangun duplikasi Jembatan Kapuas I untuk mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan itu. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Prokopim Pemkot Pontianak)

Ia menerangkan, kondisi Jembatan Kapuas I saat ini usianya sudah lumayan lama. Sejak diresmikan pada tahun 1982 oleh Presiden RI kedua yakni bapak Soeharto, kini Jembatan Kapuas I berusia kurang lebih 39 tahun.

Hingga saat ini, Edi menyebutkan tiang fender jembatan Kapuas I ini pernah ditabrak ponton hingga berdampak pada pondasinya yang mengakibatkan tidak bisa dilewati kendaraan lebih dari 8 ton.

"Itu sangat mengganggu mobilitas transportasi. Apabila Duplikasi Jembatan Kapuas I ini terealisasi, saya yakin masalah kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di kawasan itu bisa teratasi," tambah Edi.

Jika duplikasi jembatan Kapuas I sudah terbangun, Pemerintah Kota Pontianak, disampaikannya akan mempersiapkan semua kelancaran arus lalu lintas.

Sebagaimana, Edi mengatakan, bahwa akan dilakukan pengaturan traffic management sehingga arus lalu lintas kendaraan bisa lebih tertib dan lancar. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved