Breaking News:

Kemenperin Buka Program Setara D1 di Mempawah, Solusi Kebutuhan Tenaga Kerja

Program Setara D1 tersebut diselenggarakan selama satu tahun dan terdiri dari dua program studi, yaitu Teknik Perawatan Mesin Industri

Penulis: Ramadhan | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Mempawah, Erlina menandatangani nota kesepakatan bersama secara virtual antara Pemkab Mempawah dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Untuk kesekian kalinya, Kementerian Perindustrian melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) kembali membuka Program Setara Diploma I Vokasi Industri.

Program Setara D1 kali ini dibuka di Kabupaten Mempawah sebagai hasil dari kerja sama antara BPSDMI dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam rangka mendukung pengembangan industri nasional secara berkelanjutan dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja sektor industri, khususnya di Kabupaten Mempawah.

Penandatangan Nota Kesepakatan tersebut dilaksanakan pada Senin 7 Juni 2021, di Aula Balai Junjung Titah Kantor Bupati Mempawah, secara virtual.

Berdasarkan Data Kebutuhan Tenaga Kerja oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah, tercatat kebutuhan tenaga kerja industri kian meningkat, yakni terhitung mulai tahun 2021 ini hingga dua tahun ke depan total kebutuhan mencapai 457 orang.

Baca juga: Pemkab Mempawah dan BPSDMI Kerjasama Kembangkan Program Pendidikan Setara Diploma I Vokasi Industri

Tingginya kebutuhan tenaga kerja industri ini merupakan pengaruh dari terus meningkatnya jumlah perusahaan industri yang dimulai sejak berdirinya Pelabuhan Kijing Internasional.

Kepala BPSDMI Arus Gunawan, mengatakan, melihat kondisi itu, Kemenperin menjalin kerja sama dengan Pemkab Mempawah dan menandatangani Nota Kesepahaman terkait Penyelenggaraan dan Pengembangan Program Pendidikan Setara Diploma I Vokasi Industri yang melibatkan Politeknik ATI Makassar dan SMK-SMTI Pontianak sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang tinggi.

"Program Setara D1 tersebut diselenggarakan selama satu tahun dan terdiri dari dua program studi, yaitu Teknik Perawatan Mesin Industri dan Teknik Kimia Proses Industri yang masing-masing dibuka untuk 30 mahasiswa sehingga total menjadi 60 mahasiswa," terangnya, Selasa 8 Juni 2021.

Dikatakannya juga dalam penyelenggaraan Program Setara D1 ini, Kemenperin melibatkan PemKab Mempawah dan mitra industri untuk melakukan proses penerimaan mahasiswa baru.

"Sementara itu, kegiatan belajar mengajar dan praktik kerja industri didukung oleh para dosen dari Politeknik ATI Makassar dan praktisi serta tim pengajar dari mitra industri," katanya.

Disebutkannya juga, dengan melibatkan industri dalam pelaksanaannya, Program Setara D1 ini merupakan salah satu bagian dari Program link and match dengan industri.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved