Breaking News:

Ramadan 2021

Tidak Sahur Karena Kesiangan Apakah Masih Boleh Berpuasa?

Dengan melakukan makan sahur ada keberkahan yang akan didapatnya, sebagai sebuah hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik Radiyallahu Anhu bahwa Rasulu

Shutterstock
Ilustrasi Sahur. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Makan sahur merupakan hal yang dilakukan umat muslim di bulan ramadan untuk berpuasa diesok harinya.

Namun bagaimana jika lupa sahur? Apakah masih boleh berpuasa? Begini penjelasannya.

Tribunners :
Assalamualaikum Ustaz. Mohon penjelasannya bagaimana hukumnya jika kita tidak sahur karena lupa bangun atau ketiduran boleh gak dilanjutkan puasanya. Terimakasih atas penjelasannya. Wassalamu'alaikum.
Untung
08565223××××

Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto :
Makan sahur itu sangat dianjurkan, karena ada asupan nutrisi di tubuh yang cukup sehingga saat siang hari stamina tetap terjaga untuk mendukung aktifitas baik ibadah maupun sosial ekonomi.

Dengan melakukan makan sahur ada keberkahan yang akan didapatnya, sebagai sebuah hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik Radiyallahu Anhu bahwa Rasulullah bersabda "Tasakharu fain fissakhuri barakatan" Artinya makanlah sahur maka sesungguhnya makan di waktu sahur itu barokah.(HR Bukhori).

Baca juga: Apakah Masih Boleh Sahur Saat Adzan Subuh Berkumandang? Berikut Penjelasannya

Riwayat lain diterangkan bahwa Rasulullah kedatangan seorang sahabat saat sedang makan sahur, sehingga Rasulullah berkata "Sesungguhnya makan sahur itu barokah, karena Allah memberi makan disaat waktu sahur, maka jangan kalian tinggalkan," (HR An Nasai).

Namun ini bukanlah sesuatu yang dapat membatalkan puasa jika kita tinggalkan (tidak sahur).

Apalagi tidak sahurnya karena faktor ketiduran dan terbangun sudah waktu subuh. Maka puasanya tetap dilanjutkan, dan diperbolehkan serta sah puasanya.

Justru yang tidak boleh dengan alasan tidak makan sahur akhirnya tidak puasa. Ini tindakan yang tidak dibenarkan secara syariat. Semoga berkah. Aamiin. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved