Breaking News:

Polisi Pastikan Informasi Tentang Pemblokiran Jalan Sekadau, Sintang dan Melawi Merupakan Hoax

Foto tersebut, pada tahun 2020 sudah pernah viral di Kerinci, dan dipastikan Hoax. Foto pemblokiran itu kembali viral bertepatan dengan larangan mudik

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
satgas Covid-19 Kabupaten Sintang mendirikan posko covid di desa sepulut, kecamatan sepauk. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Foto pemagaran jalan menggunakan seng tengah heboh di media sosial. Hal ini membuat masyarakat resah. Terlebih, bersamaan dengan pengetatan mudik lebaran yang sebentar lagi mulai diterapkan oleh pemerintah.

Foto pemblokiran jalan itu disertai narasi "Jalan antara Sintang-Sekadau" itu menyebar di whatsaap grup. Akun Facebook Akbar Sintang, juga memposting foto tersebut dengan narasi jalan ke Kabupaten Melawi, yang diblokir.

"Yang mau ke pinoh jalan sudah ditutup, ya di batu nanta," tulisnya.

Lalu, seperti apa faktanya!

Foto yang saat ini viral di media sosial tersebut sebenarnya bukan terjadi di jalan Sintang-Sekadau atau bahkan jalan ke Kabupaten Melawi. Foto tersebut, pada tahun 2020 sudah pernah viral di Kerinci, dan dipastikan Hoax. Foto pemblokiran itu kembali viral bertepatan dengan larangan mudik lebaran tahun 2021.

Baca juga: Satgas Cek Lokasi Pendirian Posko Covid-19 di Perbatasan Sintang-Sekadau

"Itu hoax. Itu perbuatan orang yang sengaja buat heboh masyarakat," kata Kasubag Humas Polres Sintang, Iptu Hariyanto dikonfirmasi Tribun Pontianak, Selasa 4 Mei 2021.

Hariyanto menilai, hoax tersebut perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab untuk memperkeruh suasana menjelang hari raya Idul Fitri terkait larangan mudik.

"Jika ada menemukan hal seperti itu jangan diteruskan atau di posting di Facebook, kecuali untuk kasi info kalau itu Hoax. Tanyakan kepada pihak berwenang terkait info yang beredar untuk mencari kepastiannya," harap Hariyanto.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Benyamin Memen juga memastikan foto pemblokiran jalan Sintang-Sekadau, hoax.

Saat ini, kata Benyamin satgas Covid-19 Kabupaten Sintang memang sedang mendirikan posko di Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk. Posko tersebut di dirikan di pinggir jalan. Tidak di tengan jalan seperti foto hoax yang tersebar di medsos.

Halaman
12
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved