Breaking News:

Ramadan 2021

Doa dan Amalan Anak Pahala Orang Tua yang Sudah Meninggal

Pengajar senior Ponpes Darul Ulum, Kubu Raya, KH Jalaludin menerangkan jika ziarah kubur memang diperbolehkan.

TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Pengajar senior Ponpes Darul Ulum, Kubu Raya, KH Jalaludin. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ziarah ke kubur menjadi tradisi bagi umat muslim di jelang pelaksanaan bulan ramadan dan juga di awal hari raya idul fitri.

Ketika seseorang pergi untuk berziarah ialah saat yang tepat berdoa untuk yang telah meninggal dan muhasabah mengingatkan agar mempersiapkan diri.

Begitu juga jika seorang anak yang pergi berziarah ke kuburan ibu ataupun ayahnya yang telah tutup usia.

Pengajar senior Ponpes Darul Ulum, Kubu Raya, KH Jalaludin menerangkan jika ziarah kubur memang diperbolehkan.

"Hukumnya berziarah dalam Islam diperbolehkan, pada awalnya nabi pernah melarang, setelah melihat kondisi umat muslim sudah kuat akidahnya, bisa membedakan berdoa dan menyembah pada kuburan, sehingga nabi memperbolehkan," katanya, Selasa 4 Mei 2021.

"Dalam haditsnya, Aisyah bercerita, nabi jelang subuh sering ke baqi atau kuburan massal di Madinah, malam jumatnya. Dengan dalil yang ada, menunjukan jika diperbolehkan untuk berziarah kubur. Rasulullah Shallahu wa alihi wasalam pernah bersabda yang artinya barang siapa yang berziarah kubur setelah saya mati, maka seakan-akan dia ziarah ketika saya masih hidup. Menziarahi makam nabi, sama dengan menziarahi nabi ketika masih hidup," paparnya.

Baca juga: DOA Ziarah Kubur, Panduan Tahlil Ziarah Kubur, Bacaan Doa Tahlil serta Doa untuk Arwah Keluarga

Lanjut dijelaskannya, tentu doa ialah satu diantara hadiah bagi para penghuni kubur. Satu diantaranya ialah doa anak saleh untuk orang tuanya.

"Imam Muslim mengatakan dalam haditsnya, Rasulullah Shallahu wa alihi wasalam bersabda yang artinya kalau orang sudah mati, amalannya terputus. Kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang saleh mendoakan orang tuanya," ujarnya.

"Doa anak kepada orang tua bagian dari jariyah, amalan orang tuanya. Ketika anak berbakti berbuat baik, hasil didikan orang tua, selalu berbuat baik, maka ketika anak itu beramal orang tua terkirim pahala dari anaknya," tambahnya.

Mendoakan ziarah kuburan, lanjut dia, disamping manfaat untuk ahli kuburnya, juga bermanfaat untuk yang hidup mengingatkan diri sendiri. Merenungkan, muhasabah, bahwa akan mati seperti ini. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved