Breaking News:

PLTU Kalbar 1 Berhasil Sinkronisasi Unit Dua, Mantapkan Sistem Kelistrikan Kalbar

Keberhasilan dari sinkronisasi unit dua ini, menunjukkan bahwa PLTU 1 Kalbar memperkuat pasokan listrik di wilayah Kalimantan Barat.

TRIBUNPONTIANAK/Jovi Lasta
Beberapa Staff Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kalbar -1 foto bersama atas keberhasilan sinkronisasi Unit 2 PLTU Kalbar - 1. Senin 3 Mei 2021. TRIBUN PONTIANAK/ISTIMEWA. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kalbar -1 unit dua berhasil tersinkronisasi dengan penyaluran daya listrik dihasilkan ke jaringan 150 KiloVolt (KV), Senin 3 Mei

Keberhasilan dari sinkronisasi unit dua ini, menunjukkan bahwa PLTU 1 Kalbar memperkuat pasokan listrik di wilayah Kalimantan Barat.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kalbar -1 berlokasi di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang berhasil melakukan sinkronisasi tahap pertama pada tanggal 29 Desember 2020 lalu.

"Alhamdulillah, saat ini kita sudah berhasil sinkronisasi yang kedua," ucap Humas PLTU 1 Kalbar Darwis saat dikonfirmasi.

Baca juga: Senator Kalbar Realisasikan Aspirasi KNPI Bengkayang Untuk Gelar Baksos di Bulan Ramadan

Kemudian, Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan, bahwa operasi penambahan unit dua ini sudah berhasil sinkronisasi daya. Hal itu akan menurunkan jumlah volume pembelian listrik dari Sesco Malaysia sekitar 30 persen.

"Dengan demikian, kemandirian dan ketahanan energi khususnya di Kalimantan Barat, kedepan akan meningkatkan," terang Wiluyo, saat dikonfirmasi kepada Humas PLTU 1 Kalbar.

Humas PLTU 1 Kalbar juga menyebut, Kalimantan Barat saat ini mempunyai dua unit pembangkit listrik yang beroperasi dengan masing-masing memiliki kapasitas sebesar 100 Megawatt (MW).

Ia juga menilai, pasokan listrik yang cukup dapat meningkatkan kemandirian suatu wilayah dan semakin andal serta mendorong pertumbuhan beberapa sektor.

"Pasokan listrik yang cukup, tentu akan semakin andal dan mandiri, guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kalimantan Barat," pungkasnya. (*)

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved