Breaking News:

Pemkab Kayong Utara Sudah Miliki 3 Unit Ambulans Air

Agus memastikan sistem rujukan pasien menggunakan ambulans tersebut sudah berjalan dari puskesmas dan rumah sakit di Kayong Utara.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ambulans air milik Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kayong Utara, Agus Aprianto mengatakan, sejauh ini Pemerintah Kabupaten sudah memiliki 3 unit ambulans air berupa speedboat.

Ambulans tersebut tersebar di tiga wilayah.

Diantaranya Puskesmas Pelapis Kecamatan Kepulauan Karimata, Puskesmas Satai Kecamatan Pulau Maya, dan Teluk Batang.

"Satu, Pusling air punya Puskesmas Pelapis. Dua, ambulans air PKM Satai, dan ketiga ambulans air rujukan Teluk Batang-Rasau. Totalnya 3 buah," kata Agus, Senin 3 Mei 2021.

Agus memastikan sistem rujukan pasien menggunakan ambulans tersebut sudah berjalan dari puskesmas dan rumah sakit di Kayong Utara.

Baca juga: DKP Kayong Utara: Kepemilikan Pas Kapal Permudah Nelayan Dapat BBM Subsidi

"Bahkan dalam satu minggu empat sampai enam kali kasus rujukan bahkan berjalan 24 jam," ujar Agus.

Selain itu, kata Agus, ambulans air juga dilengkapi fasilitas pendukung untuk membawa pasien rujukan ke luar daerah selama perjalanan.

Fasilitas tersebut meliputi oksigen set, obat-obatan kegawatdaruratan, sirine, serta lampu tanda sebagai kendaraan yang mesti diprioritaskan.

Meski begitu, menurut Agus, proses rujukan pasien tetap berpedoman pada sistem rujukan yang telah diatur dan sesuai perjanjian kerja antara BPJS dan Pemkab Kayong Utara

"Kontribusi ambulans air ini penting agar sistem pengelolaan rujukan di KKU makin baik, baik sarana rujukan, pembiayaan, pendamping, dan SOP," ungkap Agus. (*)

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved