Breaking News:

Gubernur Sutarmidji Tegas akan Tempatkan ASN Sesuai Kompetensi, Kualifikasi dan Kinerja

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menginginkan kepemimpinan birokrasi yang ada di Pemprov Kalbar dilakukan regenasi agar perjalanan karier ASN leb

TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kepala BKN RI Dr Bima Haria Wibisana dan Gubernur Sutarmidji usai melakukan penandatanganan Komitmen Penguatan Tata Kelola Manajemen ASN Berbasis Sistem Merit di Hotel Aston Pontianak, pada hari Kamis 29 April 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menginginkan kepemimpinan birokrasi yang ada di Pemprov Kalbar dilakukan regenasi agar perjalanan karier ASN lebih panjang bisa sampai ke pusat.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melakukan penandatanganan Komitmen Penguatan Tata Kelola Manajemen ASN Berbasis Sistem Merit di Hotel Aston Pontianak, pada hari Kamis 29 April 2021.

Penandatangan tersebut langsung dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji yang disaksikan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI Dr Bima Haria Wibisana dan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)  RI (KASN) Prof Agus Pramusinto. 

Baca juga: Gubernur Sutarmidji Pantau Penerapan Prokes pada Pelaksanaan Test UTBK di Untan

Gubernur Sutarmidji mengutarakan untuk Provinsi Kalbar sendiri saat ini sedang melakukan regenarasi kepemimpinan di birokrasi yang lebih muda.

Saat Sutarmidji menjabat sebagai Wali Kota Pontianak pada waktu yang lalu juga sudah menerapkan pejabat pemerintahan ASN yang berjiwa muda.

"Waktu saya menjadi Wali Kota Pontianak sudah menerapkan pejabat-pejabat di kota itu muda-muda semua. Bahkan obsesi saya waktu itu, berkeinginan kepala dinas itu berumur 34 tahun supaya berkarir panjang sampai ke Pemerintah Pusat, Kalau misalkan dia (ASN) eselon dua berumur diatas 50-an kapan dia (ASN) mau berkarier ke Pemerintah Pusat," ungkap Gubernur Kalbar.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji menambahkan, bahkan ada Kepala Biro di Pemerintah Provinsi Kalbar yang berumur dibawah 40 tahun yang sudah menjabat sebagai eselon II. 

Dirinya pun menegaskan saat menjabat sebagai Gubernur Kalbar akan menempatkan seseorang sesuai kompetensi, kualifikasi dan kinerja.

"Saya tidak akan memandang senioritas itu harus sudah hilang. Siapa yang memiliki kemampuan itulah yang kita tampilkan tanpa memadang asal usulnya mereka," ujarnya.

Dirinya pun sangat setuju dengan adanya penerapan Sistem Merit ini untuk memberikan peluang bagi ASN berjiwa muda yang memiliki kinerja dan kompetensi serta berkualifikasi dengan baik untuk memimpin di birokrasi.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved