Breaking News:

Ada Banyak Keutamaan Menyayangi Anak Yatim Piatu, Khususnya Saat Ramadan

Baihaqi Ma, Dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak menerangkan, dalam Islam secara umum , saling berbagi terdapat dalam surat Ali Im

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Baihaqi Ma, satu di antara Dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak, 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bulan ramadhan bagi umat muslim merupakan bulan yang suci, dimana pada bulan Ramadhan segala bentuk amal ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Di Indonesia, tak terkecuali di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, banyak masyarakat yang mengadakan kegiatan buka bersama sekaligus melakukan santunan kepada anak - anak yatim.

Baihaqi Ma, Dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak menerangkan, dalam Islam secara umum , saling berbagi terdapat dalam surat Ali Imran ayat 133 sampai 135 tentang tanda - tanda orang yang bertaqwa.

"Dijelaskan dalam ayat tersebut ada 5 tanda orang yang bertaqwa, pertama menginfaqkan hartanya baik dalam keadaan lapang maupun sempit, dan dalam menginfaqkan harta orang yang berhak menerimanya ialah Fakir miskin, anak yatim piatu, dan orang yang berjuang di jalan Allah,"tuturnya menjelaskan.

Baca juga: Doa Nuzulul Quran 17 Ramadan Hari Ini, Doa Pendek Mohon Ampunan dan Qoutes Nuzulul Quran

Terkhusus anak yatim, ia mengatakan bahwa Rasulullah sangat mencintai anak - anak yatim dan orang - orang yang menyangi dan mencintai anak yatim.

Salam sebuah riwayat, ia menuturkan bahwa Rasulullah mengisyaratkan bahwa diri Nya dan anak yatim serta  orang - orang yang memelihara anak yatim ibarat jari telunjuk dan jari tengah yang menyatu.

"Rasullullah menunjukkan jarinya, Seperi dua jari ini, jari telunjuk dan jari tengah yang menempel, nanti di Yaumil Qiyamah tidak akan berpisah," ujarnya.

"Sebab itulah, umat Rasulullah di bulan Ramadhan tau persis bagaimana memeriahkan bulan Ramadhan yakni dengan apa, dengan membahagiakan anak yatim, supaya apa, supaya Rasullullah itu berbahagia melihat umatnya menyayangi anak yatim sebagaimana Beliau dulu semasa hidup menyayangi anak yatim-piatu,"terangnya. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved