Breaking News:

Ramadan 2021

Apa Saja Tanda Puasa Kita Diterima Allah SWT dan Mendapatkan Pahala?

Persiapan itu mulai dari jaga kesehatan atau juga disaat bulan ramadhan ada sebagian umat muslim yang menghentikan aktifitas usahanya. Itu dilakukan a

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Ilustrasi Ramadhan 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mendapat pahala dari Allah SWT tentu menjadi harapan semua umat muslim saat melaksanakan ibadah.

Termasuklah ibadah puasa di bulan ramadan.

Namun, bagaimana dan seperti apa tanda puasa kita diterima serta mendapat pahala?

Berikut penjelasannya.

Tribunners :
Ustaz, Apa Saja Tanda-Tanda Puasa yang Diterima Allah?
Mahmud
08123546××××

Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto :
Mampu melaksanakan ibadah puasa tentu menjadi harapan setiap muslim, sehingga tidak sedikit yang mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya.

Persiapan itu mulai dari jaga kesehatan atau juga disaat bulan ramadhan ada sebagian umat muslim yang menghentikan aktifitas usahanya. Itu dilakukan agar ibadah puasa dapat dijalankan dengan baik dan diterima Allah SWT.

Berkenaan dengan ibadah, apapun jenis ibadahnya termasuk ibadah puasa mesti memiliki keyakinan bahwa ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Baca juga: Apa Hukumnya Menghirup Inhealer Saat Berpuasa? Bisakah Membatalkan Puasa?

Dengan keyakinan itu, perlu didukung dengan upaya agar ibadahnya diterima. Ada beberapa tanda agar ibadah puasa kita diterima Allah SWT yakni:
1. Niatnya murni karena Allah. Menjaga niat ibadah puasa agar tetap lillahi ta'ala sangatlah penting, dan niatan puasa dimulai sebelum memasuki waktu puasa.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW "Man lam yajmi'i shiama qabla fajri falaa shiyaama lahu" artinya "Barang siapa yang tidak ada niat pada puasa sebelum fajar (subuh) maka baginya tidak ada puasa" (HR Abu Daud).

Sedangkan berkenaan dengan niatan lillahi ta'ala ditegaskan oleh Rasulullah yang artinya "Barang siapa yang berpuasa dibulan suci ramadhan dengan keimanan dan mencari pahala, maka diampuni dosanya yang telah lewat". (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved