Breaking News:

Ramadan 2021

Ustaz Abu Abdillah Amir: Al Quran Adalah Kalamullah

Dalil yang menunjukkan Alquran kalamullah adalah firman Allah ta’ala ialah yang artinya sebagai berikut. Dan jika di antara kaum musyrikin ada yang me

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ustaz Abu Abdillah Amir, alumnus Darul Hadits Ma’rib Yaman. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ustaz Abu Abdillah Amir, alumnus Darul Hadits Ma’rib Yaman mengungkapkan sejumlah bukti bahwa Alquran adalah kalamullah.

Diketahui, kalamullah adalah kalam Allah. Kalam Allah adalah sifat yang diperlukan dan kekal dengan kesempurnaan, dan berkaitan dengan segala sesuatu yang Dia ketahui, dan dengannya Dia mengatakan perintah, janji dan ancaman-Nya.

"Alquran Al Karim adalah kalam (firman) Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad shallahu’alaihi wasallam, Alquran adalah kalam Allah makna dan huruf-hurufnya," ujarnya, Senin 26 April 2021.

Dalil yang menunjukkan Alquran kalamullah adalah firman Allah ta’ala ialah yang artinya sebagai berikut. Dan jika di antara kaum musyrikin ada yang meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah agar dia dapat mendengar firman Allah, (At-taubah :6)

"Kita wajib beriman bahwa Alquran adalah kalamullah (firman Allah). Dan kita wajib menjadikan alquran sebagai pedoman hidup kita agar bahagia dunia dan akhirat," tuturnya.

Dipaparkannya, ada sejumlah bukti bahwa Alquran adalah kalamullah.

Diantaranya ialah Alquran merupakan kitab yang Allah jaga sehingga jika ada orang yang memalsukan satu satu ayat saja pasti diketahui.
Allah berfirman : Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.(AL hjr :9)

Baca juga: Manfaat dan Keutamaan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan

Kemudian, tidak ada yg bisa membuat sebuah kitab seperti Alquran yang bahasanya indah dan bagus. Allah berfirman : Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain" (qs AL isra’ : 88)

Alquran, lanjutnya, merupakan obat untuk penyakit lahir batin atau non medis.

"Kita menyaksikan betapa banyak orang yang sembuh diruqyah dengan Alquran karena kesurupan jin ,kena sihir, guna guna dan santet," jelasnya.

Dalam surat al-Isra’ ayat 82, Allah Ta’ala berfirman: “dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi obat penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”.

Selain itu, membaca Alquran bisa menenangkan hati, dan setiap orang muslim merasakan hal itu karena membaca Alquran merupakan dzikir kepada Allah.

Allah Ta’ala berfirman, “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’du:28).

Alquran, ujarnya, juga menceritakan fakta ilmiah. Misalnya, Alquran memberi tahu kita tentang air asin dari air tawar tidak bercampur satu sama lain.

Allah Ta'ala Berfirman :
Artinya: "Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu."(qs Ar-Rahman :19: ). (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved