Breaking News:

Ramadan 2021

Bersedekah Menjadi Satu Diantara Lima Amalan yang Disunahkan Saat Bulan Ramadan

Terkait pendanaan, kegiatan buka puasa bersama ini dibiayai oleh kolega Ustaz Nasrulloh yaitu Syekh Jamel Sindi yang bekerja di maskapai penerbangan S

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pengurus Masjid Az Zakiyyah di Jalan Apel No. 51 Kota Pontianak, saat kembali menggelar acara buka puasa bersama, baru-baru ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bersedekah menjadi satu diantara lima amalan yang disunahkan disaat bukan ramadan ataupun puasa.

Begitulah yang disampaikan Pimpinan Yayasan Darul Ihsan yang juga Pengurus Masjid Az Zakiyyah, Ustaz Nasrulloh, Lc.

Hal tersebut diungkapkanya saat pengurus Masjid Az Zakiyyah di Jalan Apel No. 51 Kota Pontianak, kembali menggelar acara buka puasa bersama, baru-baru ini.

"Kita mengadakan buka bersama ini sejak masjid (Az Zakiyyah) ini berdiri, tahun 2000 silam. Dulu kita bagikan sampai ke beberapa masjid di Pontianak. Hanya saja, yang berlanjut sampai saat ini hanya di masjid Az Zakiyyah, Tahun kemarin tidak dilaksanakan karena Pandemi," katanya.

Terkait pendanaan, kegiatan buka puasa bersama ini dibiayai oleh kolega Ustaz Nasrulloh yaitu Syekh Jamel Sindi yang bekerja di maskapai penerbangan Saudi Airlines.

Setiap hari jumlah paket yang disiapkan 50 sampai 65 porsi nasi lengkap, dengan kue dan minuman.

Baca juga: Sedang Sakit Apakah Boleh Berpuasa?

"Beliau juga yang mendanai pendirian masjid (Az Zakiyyah) ini. Pembangunan masjid dihadiahkan untuk ibundanya yang telah meninggal bernama Az Zakiyyah," ujarnya.

Ustaz Nasrulloh menyebutkan, jika memberi sedekah untuk buka puasa itu termasuk satu dari lima amalan yang disunahkan dan sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan.

"Salah satu hadist menyebutkan Rasullulah Shalawlahu Alaihi Wassalam adalah orang yang paling dermawan. Kemudian ketika di bulan ramadan, beliau lebih dermawan lagi. Keutamaan memberi sedekah buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka ia (yang memberi sedekah) akan menerima pahala seperti orang yang berpuasa tadi, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasanya itu," terangnya.

"Jadi kalau sepuluh orang (yang diberi sedekah buka puasa) maka dia mendapat pahala sepuluh orang berpuasa," jelas Ustaz Nasrulloh.

Dalam hadits lain, barang siapa memberi buka orang berpuasa dengan makan dan minum dari yang halal, maka para malaikat akan mendoakannya.

"Dan khusus malaikat Jibril itu akan mendoakannya di malam Lailatul Qadar," tutupnya. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved