Breaking News:

Dirut PLN Pastikan Akan Mitigasi Tower-tower Listrik ke Daerah Stabil

Belajar dari musibah bencana badai dan hujan ekstrem ini pula, PLN akan melakukan mitigasi untuk menempatkan tower yang rawan ke tanah yang stabil

TRIBUN/DOK
Dirut PLN Zulkifli berada di antara relawan yang ikut memulihkan listrik di NTT. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - PLN telah berhasil memulihkan listrik di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam waktu 13 hari. Kini dari total 4.002 gardu distribusi yang terdampak badai, sekitar 96,4 persen atau 3.857 gardu distribusi sudah menyala dan beroperasi normal.

PLN mencatat 616.814 pelanggan di NTT telah kembali menikmati nyala listrik, atau sekitar 97 persen dari total 635.979 pelanggan PLN yang mengalami pemadaman.

Subsidi PLN Gratis April hingga Juni 2021, Cek Cara Klaim Listrik Gratis Stimulus Terbaru

"Tapi kerja dan perjuangan kami belum akan berhenti. Masih ada 3,6 persen gardu di titik-titik tersulit dan medan yang sangat berat yang juga harus dipulihkan. Masih ada sekitar 3 persen pelanggan yang gelap gulita, akan segera kami pulihkan kelistrikannya," ungkap Dirut PLN Zulkifli Zaini di Kupang, Rabu 21 April 2021. 

Untuk mempercepat proses pemulihan, PLN mengerahkan 1.316 personel, dengan mendatangkan tenaga bantuan dari NTB, Maluku, Sulawesi, Papua, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Subsidi Listrik PLN April-Juni 2021, Token Listrik Gratis Ikuti Cara Klaimnya Bukan di pln.co.id

227 relawan yang membantu petugas di lapangan, ditambah bantuan 30 anggota pasukan TNI serta anggota POLRI mempercepat pekerjaan.

"Sedangkan warga yang membantu kami di berbagai lokasi, praktis tak bisa kami hitung dan catat. Tapi semuanya bahu membahu demi kembalinya listrik di rumah-rumah warga," terang Zulkifli.

Kerja keras dan perjuangan tak kenal lelah, di tengah puasa Ramadan bagi sebagian petugas di lapangan, progres perbaikan dan pemulihan jauh lebih cepat daripada perkiraan.

PLN Gelar Kompetisi dan Inovasi Kelistrikan, Dorong Pengembangan UMKM dan Industri Agrikultur

Tower 19 yang roboh sudah tergantikan oleh tower emergency, tepat pada tanggal 18 April 2021 pukul 17.53 WITA tersambung, sehingga hampir 170 ribu pelanggan di 4 kabupaten di Pulau Timor dapat menikmati listrik kembali.

Belajar dari musibah bencana badai dan hujan ekstrem ini pula, PLN akan melakukan mitigasi untuk menempatkan tower-tower yang rawan ke tanah yang lebih stabil, memperkuat fondasi tapak.

Selain itu, PLN akan memperkuat sistem kelistrikan Timor dengan membangun 2 jalur eksisting 70 kV dan jalur kedua bertegangan 150 kV.

Tambah Daya, PLN Relokasi Tiga Mesin ke PLTD Ketapang - Sukadana

Halaman
12
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved